⭐ Adrian S, Rizky (2023) Strategi Kreatif Penerapan Konsep Citizen Journalism pada Video Iklan Grab OVO Modal Percaya Asli Tjap Indonesia. MBKM Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
| 
 | PDF HALAMAN_AWAL.pdf Download (610kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_I.pdf Download (258kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_II.pdf Download (287kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_III.pdf Download (286kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | |
| 
 | PDF BAB_V.pdf Download (238kB) | Preview | |
| 
 | PDF DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (252kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | 
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat melahirkan berbagai pendekatan dan pengembangan pada industri periklanan. Di antaranya terjadi pergeseran dari iklan cetak ke digital. Pendekatan konvensional seperti mempromosikan manfaat produk secara terang-terangan, sekarang dilakukan lebih implisit dari sisi emosional dan biasanya disampaikan melalui cerita dari sudut pandang konsumen. Penulis menyaksikan pergeseran tersebut secara langsung dalam pembuatan iklan untuk dua brand terkemuka di Indonesia yaitu Grab sekaligus OVO dengan tajuk "Modal Percaya Asli Tjap Indonesia" ketika menjalani masa praktek kerja. Selain memegang peranan penting sebagai orang yang memproduksi iklan sebagai media penjualan komoditas, peran produser yang diemban penulis dibutuhkan sebagai penengah antara sutradara sebagai pengarah eksekusi dan kebutuhan klien. Meminjam konsep visual footage citizen journalism, iklan ini dimaksudkan untuk membalik dan melawan stigma iklan manifesto yang pada umumnya harus terlihat rapi dan manis. Visual yang ditampilkan pun seputar cerita "orang Indonesia" yang selalu optimis dalam keseharian dengan "modal percaya".
| Item Type: | Thesis (MBKM Thesis) | 
|---|---|
| Creators: | Adrian S, Rizky (00000014917) | 
| Contributors: | Khanafi, Imam (0324026407) | 
| Keywords: | produser iklan, industri iklan, strategi kreatif, citizen journalism, advertising, commercial filmmaking | 
| Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie | 
| Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation | 
| Date Deposited: | 22 Sep 2023 05:25 | 
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26500 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
            
               
               
              