Strategi Kreatif Penerapan Konsep Citizen Journalism pada Video Iklan Grab OVO Modal Percaya Asli Tjap Indonesia

Adrian S, Rizky (2023) Strategi Kreatif Penerapan Konsep Citizen Journalism pada Video Iklan Grab OVO Modal Percaya Asli Tjap Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat melahirkan berbagai pendekatan dan pengembangan pada industri periklanan. Di antaranya terjadi pergeseran dari iklan cetak ke digital. Pendekatan konvensional seperti mempromosikan manfaat produk secara terang-terangan, sekarang dilakukan lebih implisit dari sisi emosional dan biasanya disampaikan melalui cerita dari sudut pandang konsumen. Penulis menyaksikan pergeseran tersebut secara langsung dalam pembuatan iklan untuk dua brand terkemuka di Indonesia yaitu Grab sekaligus OVO dengan tajuk "Modal Percaya Asli Tjap Indonesia" ketika menjalani masa praktek kerja. Selain memegang peranan penting sebagai orang yang memproduksi iklan sebagai media penjualan komoditas, peran produser yang diemban penulis dibutuhkan sebagai penengah antara sutradara sebagai pengarah eksekusi dan kebutuhan klien. Meminjam konsep visual footage citizen journalism, iklan ini dimaksudkan untuk membalik dan melawan stigma iklan manifesto yang pada umumnya harus terlihat rapi dan manis. Visual yang ditampilkan pun seputar cerita "orang Indonesia" yang selalu optimis dalam keseharian dengan "modal percaya".

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: produser iklan, industri iklan, strategi kreatif, citizen journalism, advertising, commercial filmmaking
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Sep 2023 05:25
Last Modified: 25 Sep 2023 01:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26500

Actions (login required)

View Item View Item