Konfigurasi ERP Solution Customer and Sales Business Process terhadap Efektivitas Proses Bisnis di PT Pertamina (Persero) dan Anak Perusahaan

Komala, Aljevan (2023) Konfigurasi ERP Solution Customer and Sales Business Process terhadap Efektivitas Proses Bisnis di PT Pertamina (Persero) dan Anak Perusahaan. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Universitas Multimedia Nusantara menjadikan magang sebagai salah satu kegiatan atau program yang tertera dalam kurikulum, salah satunya fakultas Teknik dan Informatika. Kegiatan magang tersebut harus dilaksanakan dan dipenuhi para mahasiswa sebagai syarat yudisium. Peserta magang melaksanakan kegiatan magang yang diselenggarakan pada 6 februari 2023 sampai 26 Juni 2023. Penggunaan teknologi sistem informasi meningkat begitu pesat dan dijadikan alat bagi perusahaan dalam bersaing pada tingkat kompetisi yang lebih tinggi. Salah satu cara adalah dengan menerapkan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). PT Pertamina merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas yang menerapkan sistem ERP dalam mengintegrasikan seluruh cabang dan proses bisnis perusahaan. Pertamina merupakan perusahaan energi terintegrasi yang memiliki kegiatan bisnis yang cukup luas dan kompleks. Kendala yang dihadapi sebelum implementasi adalah kompleksitas sistem dan kurangnya integrasi antara departemen dan unit bisnis yang berbeda. Untuk itu peserta magang memilih Pertamina untuk berkontribusi dengan mengaplikasikan teori-teori ERP yang dipelajari di perkuliahan melalui sistem ERP yang sudah diterapkan perusahaan. Aktivitas kerja magang sebagai ERP Solution di PT Pertamina berfokus kepada kegiatan proses bisnis perusahaan yang berkaitan dengan proses penjualan dan distribusi. Untuk itu peserta magang ditempatkan dalam konfigurasi maupun penambahan pada modul SD (Sales & Distribution).

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: ERP, Magang, Modul, Sistem Informasi
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Sep 2023 12:36
Last Modified: 23 Sep 2023 13:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26721

Actions (login required)

View Item View Item