Perancangan Strategi Marketing dan Aset Visual Gim Once Upon a Zine

Felicia Hartono, Lulu (2023) Perancangan Strategi Marketing dan Aset Visual Gim Once Upon a Zine. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Banyaknya cerita rakyat Indonesia yang diperkenalkan masih belum diiringi penyampaian yang inovatif. Hal ini menyebabkan menurunnya minat generasi muda terhadap cerita rakyat pada masa ini. Masih banyak pendidikan yang mengangkat cerita rakyat disampaikan melalui media cetak. Hal ini berlawanan dengan status quo saat ini dimana generasi muda lebih sering menggunakan media digital. Adapun perkembangan visual dalam penyampaian cerita rakyat, alur cerita yang digunakan masih tetap sama sehingga tidak memberikan pengalaman baru. Berdasarkan masalah tersebut, tim kewirausahaan penulis merancang game casual adventure yang mengangkat kisah cerita rakyat Indonesia sebagai pelajar SMA masa kini. Game ditentukan sebagai solusi yang dapat ditawarkan karena fungsinya yang interaktif sekaligus menghibur pemain. Saat ini, industri game di Indonesia juga sedang mengalami perkembangan dimana pemain game Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara dengan pemain game terbanyak. Metode perancangan yang digunakan dalam pengembangan game adalah metodologi design thinking oleh Hasso Plattner (2009). Secara lebih spesifik, penulis berfokus di bidang marketing dan perkembangan aset visual seperti ilustrasi tokoh dan animasi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: cerita rakyat, game, bisnis, generasi muda, marketing
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Sep 2023 19:37
Last Modified: 25 Sep 2023 01:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26825

Actions (login required)

View Item View Item