strategi social customer relationship management (crm) pada facebook bebelac

Susanto, Angel Aprillia (2017) strategi social customer relationship management (crm) pada facebook bebelac. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (786kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (791kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemunculan media sosial sebagai salah satu kanal komunikasi yang saat ini gandrung digunakan oleh masyarakat Indonesia. Keberadaan media sosial secara tidak langsung turut menyebabkan pergeseran terhadap pola komunikasi masyarakat. Dalam usaha untuk terus membina hubungan yang positif dengan para konsumennya, perusahaan pun mengikuti berbagai perubahan dan perkembangan masyarakat melalui pemanfaatan media sosial. Dalam hal ini, media sosial dimanfaatkan secara optimal oleh perusahaan sebagai salah satu wadah layanan pelanggan. Salah satu perusahaan yang secara aktif menggunakan media sosial Facebook untuk mengaplikasikan strategi social CRM-nya adalah Bebelac dengan bentuk forum Bebeclub. Dengan tujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengaplikasian strategi social CRM yang dijalankan oleh Bebelac pada laman Facebook Bebeclub, peneliti bermaksud untuk menelaah berbagai aktivitas yang terjadi dalam laman Facebook tersebut sebagai salah satu platform pengaplikasian social CRM Bebelac. Bebeclub sendiri dibentuk berdasarkan komitmen Bebelac dalam memberikan pendampingan dan edukasi bagi para ibu maupun calon ibu seputar hal-hal kehamilan maupun tumbuh kembang anak. Menggunakan metode studi kasus, peneliti pun mengumpulkan berbagai data penelitian melalui proses observasi non-partisipan, wawancara mendalam dengan informan terkait, serta studi pustaka. Data-data penelitian yang diperoleh tersebut kemudian ditelaah oleh peneliti dengan didasarkan pada model implementasi IDIC (Identify, Differentiate, Interact, Customize) dan Social CRM Process. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa strategi social CRM yang dijalankan pada laman Facebook Bebelac terdiri dari; monitoring, sharing content, centralized database, dan cross-department collaboration.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Bebelac, Bebeclub, Media Sosial, Facebook, CRM 2.0, Social CRM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Oct 2017 09:48
Last Modified: 12 Apr 2023 05:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item