Alviani, Angela (2017) pengaruh program employee relations terhadap kepuasan dan motivasi kerja karyawan: survei pada karyawan red communication indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peranan komunikasi internal dalam membina hubungan antarkaryawan dan seluruh internal stakeholders yang terlibat dalam kegiatan perusahaan. Tidak jarang masalah yang terjadi dalam perusahaan adalah masalah ketenagakerjaan yang berasal dari hubungan antara atasan dan bawahan yang belum terjalin dengan baik, sehingga berdampak pada kepuasan dan motivasi kerja karyawan yang dapat mengakibatkan turnover. Penelitian kuantitatif ini berfokus pada pengaruh program employee relations (X) terhadap kepuasan (Z) dan motivasi kerja karyawan (Y) di RED Communication Indonesia dengan mengambil seluruh populasi dari tiga divisi (account, designer, social and content) yang memiliki tingkat turnover yang lebih tinggi dibanding divisi lainnya. Penelitian ini bersifat ekplanatif yang bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh antara program employee relations yang telah dilakukan dengan kepuasan dan motivasi kerja karyawan. Peneliti menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 46 karyawan untuk mendapatkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antarvariabel. Dalam hasil uji sederhana, program employee relations menyumbangkan 36.9% untuk motivasi kerja. Namun, apabila melalui kepuasan kerja, pengaruhnya menjadi sebesar 77.5%. Hasil ini membuktikan bahwa untuk mencapai motivasi karyawan, perusahaan harus dapat memenuhi kepuasan karyawannya agar mereka menjadi termotivasi untuk bekerja lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Employee Relations, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, RED Communication Indonesia, turnover |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 09:59 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 02:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2689 |
Actions (login required)
View Item |