Pemaknaan perilaku bullying senior-junior ( studi fenomenologi pelaku bullying di sekolah menengah atas )

Mulyadi, Bella Tamara (2017) Pemaknaan perilaku bullying senior-junior ( studi fenomenologi pelaku bullying di sekolah menengah atas ). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (627kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Bullying marak terjadi terutama di sekolah menengah atas. Banyak kasus yang mencuat di mediamedia terkait dengan kasus bullying. Meskipun terdapat sanksi yang dapat membuat pelaku bullying terjerat kasus hukum, hal tersebut tidak mengurangi jumlah kasus bullying. Bullying tersebut dapat terjadi karena adanya power distance, tradisi senioritas, pengaruh lingkungan dan sebagainya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pelaku bullying memaknai diri mereka sebagai seorang pelaku bullying dan bagaimana mereka memaknai tindakan yang mereka lakukan. Metode pada penelitian ini ialah studi fenomenologi dengan pendekatan penelitian kualitatifdeskriptif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bullying bisa disebabkan banyak faktor termasuk di dalamnya lingkungan, keluarga dan bahkan berasal dari junior yang di bully.Dalam penelitian, bullying merupakan salah satu bentuk komunikasi antara senior junior untuk memperlihatkan eksistensi para pelaku bullying seorang senior. Tindakan bullying yang dilakukan dianggap para pelaku sebagai hal yang wajar dan bullying merupakan cara bagi senior untuk berkomunikasi dengan juniornya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: pemaknaan, bullying, power distance, komunikasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 300 Social sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:02
Last Modified: 20 Nov 2024 08:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item