Mulyadi, Bella Tamara (2017) Pemaknaan perilaku bullying senior-junior ( studi fenomenologi pelaku bullying di sekolah menengah atas ). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bullying marak terjadi terutama di sekolah menengah atas. Banyak kasus yang mencuat di mediamedia terkait dengan kasus bullying. Meskipun terdapat sanksi yang dapat membuat pelaku bullying terjerat kasus hukum, hal tersebut tidak mengurangi jumlah kasus bullying. Bullying tersebut dapat terjadi karena adanya power distance, tradisi senioritas, pengaruh lingkungan dan sebagainya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pelaku bullying memaknai diri mereka sebagai seorang pelaku bullying dan bagaimana mereka memaknai tindakan yang mereka lakukan. Metode pada penelitian ini ialah studi fenomenologi dengan pendekatan penelitian kualitatifdeskriptif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bullying bisa disebabkan banyak faktor termasuk di dalamnya lingkungan, keluarga dan bahkan berasal dari junior yang di bully.Dalam penelitian, bullying merupakan salah satu bentuk komunikasi antara senior junior untuk memperlihatkan eksistensi para pelaku bullying seorang senior. Tindakan bullying yang dilakukan dianggap para pelaku sebagai hal yang wajar dan bullying merupakan cara bagi senior untuk berkomunikasi dengan juniornya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | pemaknaan, bullying, power distance, komunikasi |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 300 Social sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 02:02 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2693 |
Actions (login required)
View Item |