Makna Menjadi Pria Spornoseksual: Studi Fenomenologi Pria Spornoseksual di Media Sosial Instagram

Levennia, Clarissa (2017) Makna Menjadi Pria Spornoseksual: Studi Fenomenologi Pria Spornoseksual di Media Sosial Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (986kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (728kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (686kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (689kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu fenomena yang saat ini menjadi tren di kalangan pria muda adalah spornoseksual. Spornoseksual merupakan gabungan dari kata sport dan porn untuk menggambarkan pria yang senang melakukan aktivitas fitness untuk memperoleh tubuh atletis (berotot dan rendah lemak) dan kemudian mengunggah foto-foto tubuhnya tersebut di media sosial. Penelitian ini penting untuk diteliti karena beberapa alasan. Pertama, spornoseksual merupakan fenomena baru yang sedang berkembang di kalangan pria muda di Indonesia; kedua, banyaknya prasangka negatif yang muncul terhadap pria berotot di Indonesia; ketiga, masih terbatasnya penelitian sejenis di Indonesia dari segi komunikasi dan fenomenologi; serta keempat, banyaknya pengguna Instagram di Indonesia. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan diri para pria spornoseksual melalui aktivitas ‘healthie’ di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan diri pria spornoseksual dan bagaimana pria spornoseksual memaknai aktivitas ‘healthie’ di Instagram. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Adanya prasangka yang timbul dari pihak luar, mendorong peneliti untuk melihat makna spornoseksual dari subjek itu sendiri, sehingga peneliti memilih untuk menggunakan metodologi penelitian fenomenologi, khususnya fenomenologi menurut Husserl. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara serta studi dokumen. Partisipan dari penelitian ini adalah lima orang pria spornoseksual yang aktif dalam menggunakan Instagram. Kelima partisipan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pria spornoseksual memandang positif dirinya sendiri sehingga merasa superior, percaya diri, inspiratif, lebih sehat, dan lebih bugar. Mereka juga menganggap penting penampilan tubuhnya secara fisik yang terlihat v-shaped, sehingga menjaga pola latihan dan/atau pola makannya secara ketat. Meskipun mereka seringkali mengunggah foto-foto tubuhnya di Instagram, bukan berarti mereka gay dan didasarkan pada alasan untuk pamer semata. Namun, hal tersebut dilakukan untuk menginspirasi, memotivasi orang lain, serta untuk kepentingan bisnis di bidang fitness.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: spornoseksual, fitness, penampilan, ekspresi, inspirasi, dan karier.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 300 Social sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:50
Last Modified: 09 Dec 2022 06:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2702

Actions (login required)

View Item View Item