Sidabalok, Cyntia Amanda Ichinovaline (2017) pemaknaan subjektif pengalaman komunikasi orang tua anak berkebutuhan khusus : studi fenomenologi pada ibu dengan anak penderita attention deficit disorder. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (26MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (822kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (892kB) |
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (754kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (663kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (802kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Seorang ibu tentunya memiliki keinginan untuk membangun komunikasi timbal balik dan berkelanjutan dengan anaknya, namun faktor psikologi pada anak dapat menyebabkan gangguan komunikasi antara ibu dan anak. Di Indonesia sendiri Menurut Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, jumlah anak berkebutuhan khusus yang berhasil didata ada sekitar 1,5 juta jiwa. ADD (Attention Deficit Disorder) merupakan gangguan psikologis dan termasuk ke dalam kondisi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pemaknaan subjektif pengalaman perilaku komunikasi ibu pada anak dengan gangguan ADD (Attention Deficit Disorder). Metode pada penelitian ini ialah fenomenologi dengan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengalaman ibu dalam melakukan perilaku komunikasi pada setiap kondisi yang ditunjukkan anak dan maknanya. Ketiga narasumber memaknai keadaan anak secara positif dan merupakan anugerah Tuhan. Kemudian, penerimaan diri ibu juga dilakukan secara positif dengan membangun relasi bersama anaknya seperti membantu berkomunikasi, memberikan kalimat perintah, kalimat nasehat, membantu anak membangun kontak mata, dan merespon setiap komunikasi verbal dan non verbal. Lalu, lingkungan sekitar ibu yang positif membuat ibu memaknai tindakan anak secara negatif seperti meluapkan emosi secara berlebihan dan berbicara tidak sopan. Di dalam hal ni komunikasi verbal dan non verbal berperan seperti sentuhan, gerakan mata, dan suara.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | perilaku komunikasi, komunikasi verbal, Attention Deficit Disorder, pemaknaan, komunikas antapribadi |
Subjects: | 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 361 Social Problems and Services (Inc. People with Mental Illness, Physical Disabilities) 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 649 Child Care, Parenting, Child Clothing and Health, Moral Training |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 03:09 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 05:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2703 |
Actions (login required)
View Item |