Justine, Justine (2017) efektivitas crisis response strategies blue bird terhadap perbaikan citra perusahaan studi kasus: demo taksi 22 maret 2016. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin berkembang menyebabkan persaingan bisnis yang semakin ketat dan membuat Blue Bird, perusahaan jasa transportasi konvensional semakin disudutkan.Hal ini memberikan tekanan bagi internal Blue Bird terutama supir taksi yang berakibat terjadi lah demonstrasi yang bersifat anarkis yang dilakukan oleh supir taksi pada tanggal 22 Maret 2016 yang juga diikuti oleh supir Blue Bird. Krisis pun tidak terhindarkan dan Blue Bird melakukan berbagai cara untuk bisa menyelesaikan krisis yang terjadi agar tidak memiliki dampak negatif terhadap Blue Bird. Dengan tujuan untuk melihat efektivitas dari strategi Blue Bird dalam merespon krisis untuk memperbaikki citra perusahaan, peneliti berusaha menganalisa dimensi dari variabel crisis response strategy dan variabel citra perusahaan. Berdasarkan pada teori Situational Crisis Communication Theory, peneliti berusaha mengkaji hubungan efektivitas dari crisis response strategy yang dilakukan oleh Blue Bird dan kesesuaiannya dalam menyelesaikan krisis yang menyerang Blue Bird. Peneliti menggunakan metode Quasi-Experimental dengan melihat hubungan efektivitas antara crisis response strategy terhadap citra perusahaan Blue Bird.Untuk menggambarkan hal tersebut peneliti menyebarkan kuesioner terhadap 400 responden dengan harapan dapat mengetahui perspektif dari publik. Dari sana ditemukan hasil bahwa crisis response strategy berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan dengan hubungan pada tingkat sedang. Tingkat sedang ini dapat disebabkan karena adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi citra perusahaan yang sudah ada dan dimiliki Blue Bird sebelum munculnya krisis.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Krisis, Strategi Respon Krisis, Blue Bird, Citra Perusahaan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 03:46 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 03:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2714 |
Actions (login required)
View Item |