Rompas, Vania Josephine Nieke (2017) strategic media relations planning dalam special event: studi kasus jakarta fashion week 2017. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membawa banyak perubahan dalam aspek kehidupan manusia, salah satunya perubahan gaya dalam mengakses informasi. Sebagai salah satu cara beradaptasi di tengah kemajuan teknologi, Femina Group gencar menjaring berbagai komunitas dan berusaha menjawab kebutuhan mereka, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatankegiatan untuk megembangkan dan melayani komunitas-komunitasnya, seperti event dan lomba. Event tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Femina Group adalah Jakarta Fashion Week, yang berusaha menjaga hubungan yang kooperatif dengan komunitas penggiat fashion. Setiap tahunnya, Jakarta Fashion Week selalu berhasil mengundang perhatian dan antusiasme publik yang tinggi, serta tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, salah satunya ialah pers. Peran media dalam hal ini sangat penting sebagai salah satu indikator keberhasilan sebuah event komersil dengan jangkauan yang luas seperti Jakarta Fashion Week, karena dapat berpengaruh dalam menciptakan media coverage. Dalam hal ini, media berperan sebagai corong yang menjembatani perusahaan dengan publiknya melalui pemberitaan atau publikasi yang dilakukan. Peneliti melihat bahwa di balik publisitas positif yang diperoleh Jakarta Fashion Week secara massal setiap tahunnya, terdapat peran humas yang menjalankan proses komunikasi strategis dalam aktivitas media relations-nya. Skripsi kualitatif ini berjudul “Strategic Media Relations Planning dalam Special Event: Studi Kasus pada Jakarta Fashion Week 2017”. Bersifat deskriptif dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, seperti wawancara, observasi partisipatoris, observasi nonpartisipatoris, dan studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategic media relations planning yang dilakukan dalam Jakarta Fashion Week 2017. Menerapkan teknik analisis data flow model analysis menurut Miles, Huberman, dan Saldana, diperoleh hasil akhir bahwa dalam Jakarta Fashion Week 2017 diterapkanlah proses strategic media relations planning dalam kegiatan kehumasannya, yakni research, objectives, programming, dan evaluation.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | media relations, strategic planning, dan Jakarta Fashion Week 2017 |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy > 106 Organizations and management 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:19 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2738 |
Actions (login required)
View Item |