Mariska Runtu, Gaby (2016) Implementasi CSR PT.PP London Sumatra TBK, sebagai upaya perusahaan untuk mendapatkan penerimaan publik (studi kasus pada program “rumah pintar” lonsum wilayah Sumatera Selatan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dalam mengembangkan bisnisnya, perusahaan bertanggung jawab memperhatikan kondisi sosial dan lingkungan masyarakat. Keberadaan perusahaan juga dianggap mampu memberikan banyak kontribusi untuk masyarakat, terkait peluang dan ketersediaan lapangan kerja, donasi untuk masyarakat, dan juga perkembangan ekonomi masyarakat. Kegiatan CSR diklaim sebagai salah satu upaya perusahaan menunjukkan kontribusi tersebut. Dalam hal ini, CSR juga dapat dikatakan sebagai strategi bisnis perusahaan karena CSR dijadikan sebagai upaya perusahaan untuk menunjukkan kontribusi tersebut, yang dipercaya berpengaruh pada penerimaan publik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi CSR dari PT. PP. London Sumatra Tbk, Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan konsep CSR, dasar pelaksanaan CSR, jenisjenis CSR, CSR dunia pendidikan, dan juga teori stakeholder, analisis implementasi CSR dengan CSR Model Process oleh Coombs & Holladay, serta stakeholders maping oleh Ronald D. Smith. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program CSR Rumah Pintar Lonsum sudah dilaksanakan dengan baik, dan program ini tergolong dalam jenis Corporate Philanthropy. Rumah Pintar juga termasuk program CSR dibidang pendidikan yang berhasil jika dilihat dari indikator faktor keberhasilannya. Upaya perusahaan dalam mendapatkan penerimaan publik melalui program rumah pintar pun dapat dikatakan berhasil, walau masih banyak permintaan dan tuntutan masyarakat yang masih belum terkontrol oleh perusahaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 02:09 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 03:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |