Debora, Yona (2017) diseminasi informasi ke2ja nyata untuk membangun reputasi joko widodo dan jusuf kalla (studi kasus strategi government public relations kementerian komunikasi dan informatika mendiseminasikan informasi ke2ja nyata joko widodo dan jusuf kalla untuk membangun reputasi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Di era keterbukaan informasi saat ini Humas Pemerintah tidak cukup memberikan informasi tetapi harus mengemas informasi melalui manajemen informasi yang diikuti dengan manajemen reputasi. Dalam proses diseminasi informasi kepada masyarakat diperlukan perencanaan strategis bagi Public Relations yang menjadi ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja Pemerintah. Hasil terjemahan dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik Government Public Relations sebagai program prioritas pemerintah bertugas mengomunikasikan kinerja pemerintah kepada masyarakat untuk memastikan apa yang dilakukan pemerintah dan berpartisipasi dalam pembangunan. Oleh karena itu Government Public Relations Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan diseminasi informasi dua tahun kinerja Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sehingga dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini dikaji dengan metode kualitatif deskriptif dengan pemanfaatan triangulasi data berupa wawancara dengan melibatkan lima orang narasumber sebagai kunci informasi data, yang ditujukan untuk memahami bagaimana strategi Government Public Relations dalam menyosialisasikan 2 tahun kinerja Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Peneliti bermaksud untuk menganalisa bagaimana proses perencanaan strategi komunikasi dalam menyosialisasikan pesan-pesan telah disusun oleh Tim Government Public Relations KOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika) melalui beberapa fase yaitu formative research, strategy, tactics, dan evaluative research (evaluasi dan pelaporan). Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa diseminasi yang dilaksanakan Government Public Relations sebagian besar menjalankan serta melengkapi arahan dari Kantor Staf Presiden (KSP) dan Tim Komunikasi Presiden (TKP) dan dinyatakan berjalan sukses dalam diseminasi KE2JA NYATA kepada masyarakat yang menggunakan media digital, tetapi belum sukses mencapai target masyarakat yang belum memanfaatkan media digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 320 Political science > 320 Political Science (Government Management) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:20 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2740 |
Actions (login required)
View Item |