Alur Kerja Video Editor dalam Produksi Berita Televisi Jaringan di Metro TV

Dhermawan, Rizky Bagus (2019) Alur Kerja Video Editor dalam Produksi Berita Televisi Jaringan di Metro TV. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pola konsumsi berita pada era digital sekarang ini telah banyak berubah. Hadirnya internet membuat segalanya semakin mudah, begitu juga informasi. Banyak orang yang mengakses berita lokal maupun internasional hanya dalam satu genggaman saja. Hadirnya internet tidak membuat televisi kehilangan pamornya dalam menyajikan berita, televisi tetap mempunyai pasarnya sendiri di dalam kehidupan masyarakat. Tidak banyak stasiun televisi yang mempunyai siaran berjaringan di setiap kota di Indonesia. Hal ini mengakibatkan informasi di ibu kota menjadi pusat utama siaran pemberitaan. Metro TV merupakan satu dari enam stasiun televisi swasta berita yang mengudara selama 24 jam yang dijadikan masyarakat, sumber dalam mengonsumsi berita sehari – hari. Selain itu, Metro TV juga merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional yang mempunyai siaran berjaringan. Dalam pelaksanaan praktik kerja magang, penulis berkesempatan berada di posisi video editor redaksi Metro TV. Penulis bertanggung jawab menyunting program berita sepekan yang berisi konten – konten berita lokal yang tayang di enam daerah di Indonesia. Peran video editor merupakan peran yang penting, karena video editor berkontribusi untuk menentukan kelayakan sebuah berita sebelum akhirnya dipublikasikan kepada khalayak. Di dalam kerja magang, penulis banyak mendapatkan pengalaman baru dalam bidang jurnalistik khususnya ruang lingkup newsroom di redaksi sebuah televisi. Penulis juga mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan ke dalam dunia kerja di media massa. Lalu penulis, memperoleh kemampuan baru dalam proses penyuntingan berbagai macam paket berita di stasiun televisi.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Televisi, Video Editor, Metro TV, TV Jaringan, Magang
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:03
Last Modified: 21 Dec 2023 01:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/27411

Actions (login required)

View Item View Item