Alur Kerja Reporter Metropolitan di Suara Pembaruan

Juliana, Sevtin (2019) Alur Kerja Reporter Metropolitan di Suara Pembaruan. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Jurnalistik merupakan kegiatan pencarian sebuah informasi mengenai sesuatu hal atau isu yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung untuk dijadikan sebuah informasi yang akan disebarluaskan kepada khalayak publik. Berawal dari media cetak, kini menyebarkan berita juga bisa ke media digital. Selama tujuh puluh hari penulis melaksanakan proses kerja magang di salah satu media cetak, yaitu surat kabar harian sore Suara Pembaruan. Suara Pembaruan merupakan satu-satunya koran harian yang diterbitkan pada sore hari. Selain itu, Suara Pembaruan juga memiliki portal berita online berbentuk epaper, sehingga memudahkan para pembacanya untuk menjangkau informasi terbaru. Selama melakukan magang, penulis menjadi seorang reporter dalam desk metropolitan yang membahas isu-isu perkotaan, pelayanan publik, pemerintahan kota, dan lainnya. Bentuk yang penulis kerjakan adalah membuat sebuah berita atau artikel disertakan dengan foto kejadian atau peristiwa pada saat melakukan peliputan. Selain itu, penulis melaksanakan kerja magang ini guna memenuhi syarat kelulusan. Sementara itu, penulis juga dituntut untuk membuat berita yang sesuai dengan fakta. Tidak hanya itu, kecepatan serta ketepatan dalam memilih informasi juga harus tetap dipastikan secara berulang kebenarannya. Melalui proses kerja magang ini juga membuat penulis mendapatkan banyak pelajaran ketika menjadi seorang reporter di dunia kerja. Mulai dari merencanakan angle berita, menentukan pertanyaan, hingga melewati proses-proses pembuatan berita.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: jurnalistik, reporter, metropolitan, media cetak, koran, Suara Pembaruan Alur Kerja
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:30
Last Modified: 21 Dec 2023 01:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/27417

Actions (login required)

View Item View Item