Murwani, Endah (2012) Budaya partisipatif: suatu bentuk literasi media baru. In: Seminar Nasional Inovasi dan Tekhnologi.
|
Text
Paper-Endah_Murwani-Budaya_Partisipatif_Media_Baru.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Teknologi komunikasi telah mengubah cara dan budaya komunikasi antar manusia pada tataran yang paling mendasar. Sifat media baru (interactivity, de-massification, asyinchronous, digital) berpotensi mengkategorisasikan media baru pada : 1) interpersonal communication media; 2) Interactive play media; 3) information search media; 4) collective participatory media. Dalam konteks sebagai media partisipasi kolektif, media baru digunakan untuk berbagi dan bertukar informasi, ide, pengalaman, mengembangkan relationship dan membentuk komunitas. Cara kita berkomunikasi dalam konteks sebagai media partisipasi kolektif dianggap sebagai budaya partisipatif, yang mencakup : afiliasi, ekspresi, pemecahan masalah kolaboratif dan sirkulasi. Budaya partisipatif ini merupakan bentuk baru literasi media baru yang perlu ditumbuhkan pada anak-anak muda karena budaya partisipatif dalam media baru ini merupakan potensi untuk pengembangan industri kreatif. Kata kunci : budaya partisipatif, literasi media baru.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture) 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 390 Customs, Etiquette, Folklore, Local Culture |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 10:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2745 |
Actions (login required)
View Item |