Susanto, Garry (2016) Pengaruh bullying terhadap tingkat self esteem yang berdampak pada kompetensi komunikasi interpersonal remaja pada SMA Tarsisius II Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bullying merupakan permasalah yang serius dari awal kasus bullying didokumentasikan. Sayangnya, perilaku bullying kebanyakan dapat ditemukan dalam kehidupan remaja. Padahal remaja adalah masa depan sebuah bangsa. Pengaruh bullying diketahui sangat luas dan merusak, menyebar hingga ke beberapa aspek kehidupan. Beberapa penelitian menghubungkan bullying dengan rendahnya self esteem pada diri korbannya. Bila seseorang memiliki self esteem yang rendah, maka besar kemungkinan kompetensi komunikasi interpersonal otang tersebut juga rendah. Penelitian in bertujuan untuk mencari (a) apakah bullying memiliki pengaruh terhadap tingkat harga diri remaja. (b) apakah tingkat harga diri remaja mempengaruhi kompetensi komunikasi interpersonalnya. Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 140 responden murid SMA Tarsisius II. Hasil penelitian dianalisa menggunakan metode SEM. Hasil temuan dari penelitian ini memperlihatkan adanya pengaruh negatif yang signifikan antara bullying terhadap tingkat self esteem remaja sebagai variabel intervening dan tidak terdapat pengaruh tingkat self esteem remaja terhadap kompetensi komunikasi interpersonalnya yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 361 Social Problems and Services (Inc. People with Mental Illness, Physical Disabilities) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 02:10 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 01:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/275 |
Actions (login required)
View Item |