Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan melalui Penanganan Keluhan Pelanggan pada PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo

Hartanto, Adrianus (2018) Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan melalui Penanganan Keluhan Pelanggan pada PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan sektor industri pulp dan kertas memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Sektor industri dipercaya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja di negara tersebut sehingga ekonomi yang saling berkaitan dapat mengalami pertumbuhan. Masalah keterlambatan datangnya bahan baku membuat proses produksi menjadi terhambat sehingga mempengaruhi kredibilitas perusahaan yang menyebabkan customer menyampaikan keluhan kepada PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo. Praktek kerja magang ini bertujuan untuk mengetahui penanganan keluhan customer terhadap PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan teori customer relationship management. Pada saat penulis melakukan kerja praktek magang, penanganan keluhan yang dilakukan oleh PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo dilakukan untuk tetap menjaga hubungan yang baik dengan customer. Cara yang dilakukan oleh PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo dalam menangani keluhan dari customer adalah jika terjadi keterlambatan proses produksi maupun ketidaksesuaian spesifikasi produk yang dipesan oleh customer maka akan ada konpemsasi. Kompensasi yang diberikan juga berbeda-beda sesuai dengan keluhan yang diajukan oleh customer. Kesimpulan yang diperoleh dari kerja magang ini adalah PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo memiliki customer yang loyal karena PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo mengutamakan ketepatan waktu dalam pengiriman produk kepada customer dan penanganan keluhan customer dengan memberikan kompensasi kepada customer. Saran yang diberikan penulis kepada PT Jaya Mandiri Nuansa Packindo agar kedepannya menjadi semakin baik yaitu dengan menambah satu divisi dalam perusahaan yang khusus untuk melayani berbagai keluhan dari customer.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Customer Relationship Management
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:50
Last Modified: 12 Jan 2024 01:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item