Peranan Marketing Research Dalam Upaya Memperbaiki Strategi Pemasaran dari Produk Astra Credit Companies Melalui Penelitian Pemasaran Dimensi Market Attractiveness, Market Dynamic, dan Competitive Positioning di PT Astra Sedaya Finance

Rampengan, Randy Aquilla (2017) Peranan Marketing Research Dalam Upaya Memperbaiki Strategi Pemasaran dari Produk Astra Credit Companies Melalui Penelitian Pemasaran Dimensi Market Attractiveness, Market Dynamic, dan Competitive Positioning di PT Astra Sedaya Finance. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Halaman Awal.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (817kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (723kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)

Abstract

Perusahaan Astra Sedaya Finance yang bergerak di jasa multifinance menyediakan fasilitas pembiayaan dengan skema konvensional maupun syariah untuk pembelian mobil dan alat berat baik dalam kondisi baru ataupun bekas serta fasilitas pembiayaan Investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna dan sewa operasi yang awalnya ditujukan untuk mendukung penjualan produk Astra. Penelitian mengenai pasar merupakan kunci untuk melihat peluang dan memperbaiki strategi perusahaan serta dapat bersaing dengan sesama pemain industri multifinance. Penerapan strategi tersebut diawali dengan melakukan penelitian marketing research melalui survei dan pengolahan data. Tujuannya adalah mengindentifikasi masalah, peluang, pengumpulan data, pengolahan, dan menganalisis data, penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu manajemen dalam rangka pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa : 1) Pengembangan akses dan peningkatan transportasi publik telah mempengaruhi kinerja perusahaan multifinance 2) 86% pengguna kendaraan pribadi bersedia menggunakan MRT / LRT 3) Penetrasi teknologi (internet) telah membantu showroom untuk meningkatkan penjualan dan promosi mereka. 4) Aspek terpenting yang dibutuhkan showroom adalah speed of approval, low rate, and Speed of Liquidation. 5) Alasan utama untuk menerapkan kredit multiguna adalah modal dan konsumsi. 6) Kredit multiguna dan mobil bekas memiliki segmen yang sama: pengusaha atau pegawai swasta pada usia produktif yang memprioritaskan pada low rate, ease of procedure dan speed document process. Rekomendasi: 1) Modifikasi ACC Risk Based Pricing untuk memenuhi demand dengan menaikan down payment policy 30% dan menurunkan bunga angsuran lebih rendah dengan mengurangi resiko NPL. 2) Promosikan ke situs web yang juga membantu meningkatkan penjualan atau promosi mobil (mobil123, OLX, Carmudi) 3) Join Financing dengan start-up financial technology yang telah terseleksi yaitu investree.com dan modalku.com.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Marketing Research, Multifinance, Banking/Financial Service
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jan 2024 06:53
Last Modified: 27 Jan 2024 06:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/27777

Actions (login required)

View Item View Item