Analisis Pengaruh Social Influence, Performance Expectancy, dan Facilitating Condition terhadap Behavioral Intention to Use Aplikasi myBCA

Mitchel Lim, Richie (2023) Analisis Pengaruh Social Influence, Performance Expectancy, dan Facilitating Condition terhadap Behavioral Intention to Use Aplikasi myBCA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (635kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (254kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (374kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (859kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (855kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Aplikasi myBCA dirilis pada pertengahan tahun 2021 lalu pada saat terjadinya pandemi Covid-19 berkepanjangan yang memaksa perubahan perilaku pada masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitasnya secara online. Hadirnya aplikasi myBCA merupakan bagian dari pengembangan layanan digital platform BCA untuk melengkapi fitur layanan mobile banking miliknya. Disematkannya berbagai fitur berteknologi canggih untuk memberi kemudahan kepada nasabah dalam melakukan pengelolaan rekening dan transaksi perbankan secara online membuat myBCA digaungkan sebagai wajah baru e-banking oleh BCA. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, serta kehadirannya di tengah masyarakat digital Indonesia yang tidak asing lagi dengan teknologi informasi dalam seluruh aspek kehidupannya termasuk untuk mengelola kebutuhan finansialnya, maka kurangnya animo dari nasabah BCA untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi myBCA menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan UTAUT model dengan metoda penelitian conclusive research design dan tehnik single-crosssectional dalam pengumpulan data primer melalui kuesioner secara online. Hasil analisis uji deskriptif maupun uji statistik menggunakan software IBM SPSS Var24.0 menunjukkan dari ketiga variabel independent yaitu Social Influence, Performance Expectancy dan Facilitating Condition semuanya memberikan pengaruh positif terhadap variabel dependen behavior intention to use. Akan tetapi, uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh positif ini hanya sebesar 18,4% dimana hal tersebut juga terkonfirmasi melalui uji hipotesis parsial yang menunjukkan nilai signifikansi <0,05 hanya untuk variabel Performance Expectancy. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dijelaskan bahwa dampak positif yang tidak cukup kuat khususnya dari faktor Social Influence dan Facilitating Condition merupakan bagian dari penyebab timbulnya fenomena saat ini. Simpulan tersebut dapat dijadikan sebagai asupan untuk meningkatkan faktor-faktor positif tersebut agar kedepannya dapat memberikan dampak yang signifikan. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap fenomena ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: myBCA, Social Influence, Performance Expectancy, Facilitating Condition, Behavioral Intention
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) > 332.2 Saving Banks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:06
Last Modified: 29 Feb 2024 07:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28012

Actions (login required)

View Item View Item