Perancangan Pusat Wisata Kuliner di Kawasan Komersial Citra Raya Avenue dengan Plaza sebagai Daya Tarik

Ramadhani, Fitri (2023) Perancangan Pusat Wisata Kuliner di Kawasan Komersial Citra Raya Avenue dengan Plaza sebagai Daya Tarik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (864kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (222kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (296kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (743kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (139kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (146MB)

Abstract

Kabupaten Tangerang berdasarkan pengelolaannya, terkenal degan kawasan pusat industri dan keadaan penduduknya memiliki keterlibatan tinggi sebagai pekerja di sektor ekonomi di bagian timur Provinsi Banten. Salah satunya, Cikupa memiliki potensi terhadap sektor pariwisata yang berpusat di kawasan Citra Raya yang terlihat pada kota mandiri yang kini semakin berkembang dengan melakukan penambahan kawasan untuk pengelolaan area komersil yang disebut Citra Raya Avenue. Adanya lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk merancang pusat kuliner yang hadir untuk mengembangkan kawasan perdagangan dan kuliner guna memenuhi kebutuhan masyarakat lingkungan sekitar dalam potensi area publik untuk aktivitas tambahan di bangunan komersial ekonomi pariwisata. Menurut Mentri Pariwisata saat ini Indonesia ikut serta dalam mengembangkan kuliner nusantara yang bersaing skala dunia dengan mendorong potensi besar dan memperkenalkan kekayaan cita rasa mampu melekatkan destinasi wisata menjadi pintu citra pariwisata Indonesia. Penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif untuk menjabarkan hasil data terhadap fenomena sosial pada masyarakat yang bermaksud mengetahui kesinambungan antara masyarakat kota mandiri dan pemukiman dalam pemanfaatan lahan publik kawasan. Citra Rasa Center adalah wisata kuliner yang hadir sebagai simbiosis mutualisme antara kuliner dan hiburan yang saling menguntungkan dengan menambahkan plaza untuk kantung aktivitas baru,. Perannya kuliner sebagai yang utama dan hiburan sebagai pendukung serta adanya plaza yang menjadi attract of attraction untuk mewadahi kebutuhan kantung aktivitas msyarakat memuat kebutuhan kuliner streetfood, foodcourt, resto, cooking class café, dan supermarket. kebutuhan hiburannya terdiri dari tempat karoke, spa dan playground yang dirancang bervariatif agar dapat dinikmati oleh seluruh kalangan usia. Untuk mempersatukannya, terdapat area transisi sebagai green area yang menghubungkan ke area plaza dengan elemen hardscape dan softscape.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komersial, Ekonomi pariwisata, Kuliner, Hiburan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 642 Meals and Table Service (Restaurant Management)
700 Arts and Recreation > 710 Area Planning and Landscape Architecture
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:28
Last Modified: 29 Feb 2024 07:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28039

Actions (login required)

View Item View Item