Strategi Customer Relationship Management melalui Analisa Customer Journey 5A dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Kopi Praja

Samantha, Samantha (2023) Strategi Customer Relationship Management melalui Analisa Customer Journey 5A dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Kopi Praja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (583kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (196kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Berdasar pada tren konsumsi kopi yang sedang berkembang di Indonesia pada saat itu, Pratiwa Dyatmika dan Felic Halim untuk membangun Kopi Praja dengan konsep homey, termasuk nama, desain, logo, dan suasana yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan strategi Manajemen Hubungan Pelanggan melalui analisa pemetaan pelanggan 5A di Kopi Praja dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk menggali informasi yang dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang strategi managemen hubungan pelanggan yang diterapkan oleh Kopi Praja. Kopi Praja menggunakan strategi ini untuk mengelola hubungan dengan pelanggan melalui pemetaan pola perilaku pembelian pelanggan, dengan tujuan untuk lebih memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Hasil penelitian serta pembahasan juga menunjukkan bahwa penerapan Managemen Hubungan Pelanggan dengan bantuan analisa Pemetaan Pelanggan 5A memiliki relevansi yang erat dengan dasar teori dan berhasil mencapai tingkat loyalitas pelanggan, dimana hubungan pelanggan dan Kopi Praja bukan hanya terbatas pada transaksi jual beli, tapi dengan pelaksanaan advokasi melalui unggahan Instagram story dan dilihat oleh komunitasnya. Salah satu strategi yang berperan penting dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Kopi Praja adalah strategi dengan model IDIC (Identify, Differentiate, Interact, Customization) yang dikembangkan oleh Peppers dan Roger, yang berfokus pada upaya mempertahankan loyalitas pelanggan.Kopi Praja telah berhasil menggunakan strategi Manajemen Hubungan pelanggan melalui analisa Pemetaan Pelanggan 5A dengan melakukan penyesuaian strategi sesuai dengan target pasarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pemetaan Pelanggan 5A, Loyalitas Pelanggan, Manajemen Hubungan Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.5 Management of Production
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:30
Last Modified: 29 Feb 2024 08:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28044

Actions (login required)

View Item View Item