Analisis Perbandingan Performa dan Kompleksitas terhadap Berbagai Graphics API Menggunakan Metode Waterfall

Yonathan, Jeremy (2022) Analisis Perbandingan Performa dan Kompleksitas terhadap Berbagai Graphics API Menggunakan Metode Waterfall. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang yang ditemukan yaitu setiap komputer memiliki perangkat untuk menerima informasi visual. Terdapat beberapa API yang memiliki implementasi yang berbeda-beda, misalnya DirectX, OpenGL, dan Vulkan. Banyaknya pilihan tersebut juga mengakibatkan terdapatnya tingkat kompleksitas yang berbeda-beda. Metode / Teori yang digunakan dari penelitian ini yaitu dibuat aplikasi pengujian yang dirancang dengan menggunakan ketiga API tersebut, secara standalone dan menggunakan Unity. Aplikasi tersebut dianalisis kompleksitas kode mengguna- kan SLOC, jumlah frame yang di-render, serta sumber daya yang terpakai. Hasil Penelitian didapat adanya beberapa perbedaan pada aplikasi lersebut, yaitu dalam struktur dan pemakaian kode, adanya delta frametime, serta penggunaan sumber daya yang berbeda. Menggunakan API secara standalone, rata-rata DirectX meng- hasilkan 49.537 frame dengan 15.670 pemanggilan CPU serta 156 MB penggu- naan memori, OpenGL. menghasilkan 52.865 frame dengan 14.756 pemanggilan CPU serta 87 MB penggunaan memori, serta Vulkan menghasilkan 37.093 frame dengan 11.139 pemanggilan CPU serta 65 MB penggunaan memori. Sedangkan menggunakan Unity, DirectX menghasilkan 76.078 frame, OpenGL mengbasilkan 48.840 frame, serta Vulkan menghasilkan 50.830 frame, Kesimpulan dari peneli- tian ini adalah masing-masing API memiliki keunggulan, dimana DirectX teropti - malkan untuk sistem operasi Windows, OpenGL dengan kompleksitas yang rendah, serta Vulkan dengan penggunaan sumber daya yang rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: APl, DirectX, frametime, kompleksitas, OpenGL, SLOC, Vulkan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:12
Last Modified: 19 Mar 2024 03:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28056

Actions (login required)

View Item View Item