Analisis Efek Task Lighting terhadap Kenyamanan Visual Kegiatan Pembelajaran di Ruang Kelas Universitas Multimedia Nusantara

Zakhary Indraputra, Yoel (2022) Analisis Efek Task Lighting terhadap Kenyamanan Visual Kegiatan Pembelajaran di Ruang Kelas Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (980kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pencahayaan merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam suatu ruang. Pencahayaan ruang harus disesuaikan dengan fungsi ruang tersebut. Pada ruang kelas, pencahayaan yang baik sangat mendukung produktivitas kegiatan belajar-mengajar. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03- 6575-2001, pencahayaan ruang kelas harus memiliki tingkat pencahayaan (iluminasi) minimal 250 lux, kemerataan iluminasi minimal 0.6 dan indeks silau Unified Glare Rating (UGR) maksimal 19. Projek pekerjaan tugas akhir ini akan berfokus pada penyelesaian masalah silau pada area papan tulis dan layar proyektor di ruang kelas Gedung C terkhusus ruang kelas C902, C905, C908, dan C911. Metode yang digunakan adalah pengambilan kuisioner kepada penghuni kelas, analisis teknik HDR-I (High Dynamic Range Image) menggunakan Aftab Alpha, pengukuran iluminasi secara langsung menggunakan Environment Meter CEM DT-8820, dan simulasi ruang kelas sebelum dan sesudah penambahan task lighting menggunakan perangkat lunak DIALux-EVO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kuisioner yang sudah dilakukan, penghuni ruang kelas merasakan gejala sick building syndrome dan ketidaknyamanan visual berupa silau. Selain itu, rata-rata iluminasi dan indeks silau pada ruang kelas C902, C905, C908, dan C911 sudah memenuhi SNI 03-6575-2001. Kemudian ketidaknyamanan visual ruang kelas disebabkan oleh ketidakmerataan iluminasi ruang kelas. Nilai kemerataan iluminasi pada area papan tulis dan layar proyektor juga menunjukkan ketidakmerataaan iluminasi. Setelah ditambahkan task lighting, indeks silau pada ruang C902, C905, C908, dan C911 menurun. Penurunan indeks silau mengartikan bahwa penambahan task lighting mengurangi gangguan visual berupa silau pada ruang kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: iluminasi, kemerataan iluminasi, indeks silau, DIALux-EVO, task lighting
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 747 Interior Decoration, Interior Design
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Engineering Physics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Mar 2024 09:06
Last Modified: 21 Mar 2024 09:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28122

Actions (login required)

View Item View Item