⭐ Daughti Kristian, Florence (2023) Communication Privacy Management Gen Z dalam Penggunaan Fitur Close Friends melalui Second Account Instagram. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (984kB) |
|
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (267kB) |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (241kB) |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (372kB) |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (217kB) |
|
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (860kB) |
|
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (203kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era transformasi digital saat ini menimbulkan kekhawatiran akan semakin minim-nya privasi terhadap informasi pribadi khususnya pada penggunaan media sosial oleh Generasi Z dalam mengungkapkan privasi mereka karena muncul kasus-kasus kebocoran informasi pribadi yang diunggah melalui fitur close friends dalam second account Instagram termasuk yang pernah dialami oleh beberapa selebriti Indonesia. Hal ini relevan dengan penerapan dari teori communication privacy management (CPM) oleh Petronio di mana fitur close friends dapat membuat batasan dan aturan tambahan di second account Instagram agar seseorang bisa mengungkapkan informasi pribadinya dengan lebih aman. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus milik Robert Stake, serta bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana CPM yang dilakukan oleh Gen Z dalam melakukan pengungkapan pribadi melalui fitur close friends di second account Instagram pribadinya dan alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengungkapan pribadi melalui fitur close friends dalam second account Instagram dapat membangun hubungan interpersonal dan mengungkapkan alasan mengapa Gen Z menggunakan fitur tersebut dalam second account-nya. Hal ini dikarenakan di dalam second account Instagram mereka, sudah banyak dipenuhi oleh orang lain di luar teman dekatnya yang membuat mereka tidak aman dan nyaman untuk mengungkapkan informasi pribadinya.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
