Communication Privacy Management Gen Z dalam Penggunaan Fitur Close Friends melalui Second Account Instagram

Daughti Kristian, Florence (2023) Communication Privacy Management Gen Z dalam Penggunaan Fitur Close Friends melalui Second Account Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (984kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (267kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (241kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (372kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (860kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era transformasi digital saat ini menimbulkan kekhawatiran akan semakin minim-nya privasi terhadap informasi pribadi khususnya pada penggunaan media sosial oleh Generasi Z dalam mengungkapkan privasi mereka karena muncul kasus-kasus kebocoran informasi pribadi yang diunggah melalui fitur close friends dalam second account Instagram termasuk yang pernah dialami oleh beberapa selebriti Indonesia. Hal ini relevan dengan penerapan dari teori communication privacy management (CPM) oleh Petronio di mana fitur close friends dapat membuat batasan dan aturan tambahan di second account Instagram agar seseorang bisa mengungkapkan informasi pribadinya dengan lebih aman. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus milik Robert Stake, serta bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana CPM yang dilakukan oleh Gen Z dalam melakukan pengungkapan pribadi melalui fitur close friends di second account Instagram pribadinya dan alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengungkapan pribadi melalui fitur close friends dalam second account Instagram dapat membangun hubungan interpersonal dan mengungkapkan alasan mengapa Gen Z menggunakan fitur tersebut dalam second account-nya. Hal ini dikarenakan di dalam second account Instagram mereka, sudah banyak dipenuhi oleh orang lain di luar teman dekatnya yang membuat mereka tidak aman dan nyaman untuk mengungkapkan informasi pribadinya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Akun Kedua, Fitur Close Friends, Generasi Z, Instagram, Manajemen Privasi Komunikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.2 Age Groups
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:15
Last Modified: 08 Mar 2024 08:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28198

Actions (login required)

View Item View Item