Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Layanan Bank Digital dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi

Kantika, Kantika (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Layanan Bank Digital dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan penggunaan internet di Indonesia mendorong transformasi digital di sektor keuangan termasuk perbankan dan teknologi finansial yang pada akhirnya berimplikasi pada perubahan struktur industri dan perilaku kompetisi dan kolaborasi (coopetition). Bank Digital merupakan salah satu inovasi model bisnis karena bergantung pada ckosistem digital. Perlu dibangun kepercayaan masyarakat untuk menggunakan layanan Bank Digital mengingat Bank Digital hadir tanpa kantor cabang operasional dalam memberikan layanannya serta belum adanya regulasi yang memadai terkait perlindungan data siber sehingga berpotensi menimbulkan risiko keamanan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelanggan dalam mengadopsi layanan Bank Digital, dengan enganalisa pengaruh persepsi keamanan, persepsi kenikmatan, literasi keuangan, citra merek terhadap adopsi layanan Bank Digital dengan menggunakan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan responden yaitu pengguna Bank Digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi layanan Bank Digital di Indonesia, dimana variabel kepercayaan memiliki pengaruh paling besar terhadap adopsi layanan Bank Digital. Maka dari itu, perusahaan Bank Digital perlu untuk meningkatkan kepercayaan pengguna dengan cara meningkatkan sumber daya TI, mengembangkan platform digital yang menarik dan bermanfaat, serta membangun citra baik industri Bank Digital sebagai layanan yang terpercaya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Bank Digital, Sektor Keuangan, Teknologi Finansial, Transformasi Digital
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) > 332.1 Banks, Banking Services, Central Banks, World Bank
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:01
Last Modified: 20 Mar 2024 03:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28233

Actions (login required)

View Item View Item