Alur Kerja Content Writer di PT Komunika Lintas Maya (Sociabuzz)

Leiwakabessy, Patrick Joshua Alfred (2017) Alur Kerja Content Writer di PT Komunika Lintas Maya (Sociabuzz). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB)

Abstract

Sebagai ilmu, jurnalistik dipahami seperti pengumpulan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi umum, pendapat pemerhati, hiburan umum secara sistematis dan dapat dipercaya untuk dapat diterbitkan dalam surat kabar, majalah, atau disiarkan di stasiun televisi. Jurnalistik sudah dikenal dengan istilah pers, dan di Indonesia memiliki undang-undang yang mengatur hal tersebut yakni, UU No. 40 tahun 1999. Dalam pasal 3 tertera bahwa fungsi jurnalistik ialah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Oleh karena itu, jurnalistik berkaitan erat dengan penyebaran informasi yang diterapkan dalam berbagai cara mulai disiarkan melalui televisi maupun radio, melalui koran, dan dalam dunia digital ini informasi juga dapat disebar dengan cara online. Pada dasarnya jurnalistik merupakan ilmu terapan (applied science) yang dinamis dan selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta dinamika masyarakat sendiri. Maka, bukan tidak mungkin ilmu jurnalistik semakin berkembang dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah digital marketing. Seiring berjalannya zaman dan perkembangan dalam teknologi, salah satu digital marketing yang sering digunakan oleh pihak pelaku usaha ialah influencer marketing. PT Komunika Lintas Maya atau SociaBuzz merupakan pioneer perusahaan teknologi di bidang Influencer Marketing Indonesia. Startup jebolan IdeaBox Indosat Ooredoo ini menyediakan layanan online marketplace untuk mempromosikan bisnis melalui word of mouth di media sosial melalui perpanjangan tangan influencer di Instagram, Twitter, Blog, dan YouTube. Laporan magang yang berjudul “Alur Kerja Content Writer di PT Komunika Lintas Maya (SociaBuzz)” merupakan hasil pengalaman praktik kerja magang penulis selama tiga bulan, periode bulan Agustus hingga November. Penulis mendapatkan kesempatan untuk bekerja di divisi content writer yang bertugas untuk membuat artikel bagi advertiser dan influencer. Lingkup praktik kerja penulis ialah, product developer, account executive, campaign and marketing manager, campaign officer, dan campaign and marketing executive. Setelah menyelesaikan masa praktik kerja magang, penulis melihat bahwa alur pekerjaan divisi content writer memiliki banyak jalur kordinasi. Konten artikel didapat dari dua divisi yang berbeda, yakni Campaign Officer dan Campaign and Marketing Executive. Jika ada permasalahan dalam penggunaan blog, berkordinasi dengan divisi Product Developer. Selain itu, penulis juga mendapati bahwa pekerjaan content writer online khususnya di dunia marketing sangat berbeda dengan content writer pada umumnya. Hasil pekerjaan content writer pada umumnya ialah artikel yang berisi kalimat-kalimat pada umumnya. Sedangkan hasil pekerjaan content writer di dunia marketing ialah artikel yang berisi gambar-gambar saja. Dan penulis menyimpulkan, divisi content writer sangat penting dalam membantu khususnya divisi campaign and marketing executive sebagai jembatan informasi dengan pihak advertiser dan influencer. Artikel yang dibuat oleh content writer ini dapat memberikan daftar nama-nama influencer yang kompeten dan direkomendasikan dari perusahaan kepada pihak advertiser

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: SociaBuzz, Influencer Maarketing, Advertiser, Influencer, Content Writer
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:22
Last Modified: 26 Feb 2024 04:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/29429

Actions (login required)

View Item View Item