Aktivitas Public Relations di PT Berrybenka

Kusuma, Elvi (2017) Aktivitas Public Relations di PT Berrybenka. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30MB)

Abstract

Fenomena peningkatan industri perdagangan elektronik atau e-commerce berlangsung secara merata di seluh dunia karena pertumbuhan ekonomi global. Hal ini juga terjadi di Indonesia yang ditandai dengan banyaknya e-commerce yang bermunculan dengan fokus bisnis yang beragam. Oleh karena itu, produk yang baik dan harga yang bersaing tidak dapat dijadikan sebagai alat utama merebut hati masyarakat. Dibutuhkan strategi komunikasi agar dapat memenangkan persaingan dan bertahan. PT Berrybenka sebagai salah satu e-commerce Indonesia yang bergerak di bidang fashion dan kecantikan merupakan salah satu perusahaan yang sadar akan fenomena ini. Peran divisi PR & Partnership, tempat praktik kerja magang dilakukan, menjadi penting dalam menunjang fokus bisnis Berrybenka saat ini yang menjalakan strategi Omni-Channel dengan konsep Online to Offline. Pembukaan Pop Up Store Berrybenka sebagai implementasi fokus bisnis tersebut memerlukan aktivitas-aktivitas PR untuk penyebaran informasinya. Selama menjalankan praktik kerja magang dalam divisi PR & Partnership PT Berrybenka, tugas yang diberikan berfokus pada aktivitas-aktivitas PR perusahaan. Empat tugas utama yang dijalankan antara lain Media Relations, Community Relations, Educational Relations dan Event Management. Beberapa hal yang dilakukan dalam implementasi tugas-tugas tersebut adalah media monitoring, menyelenggarakan media gathering, melakukan media visit, menyelenggarakan event, dan melakukan university visit. Akan tetapi, dua aktivitas dominant yang dilaksanakan adalah media relations dan educational relations karena dianggap efektif untuk mencapai tujuan perusahaan. Praktik kerja magang yang dijalankan selama 51 hari telah memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan tentang dunia profesional PR dan pentingnya PR bagi sebuah perusahaan. Aktivitas-aktivitas PR yang dilaksanakan PT Berrybenka pada umumnya bertujuan untuk menunjang pembukaan Pop Up Store Berrybenka di beberapa kota besar di Indonesia. Seluruh kegiatan tersebut dianggap efektif dan efisien dari segi publikasi dan memperluas penetrasi pasar Berrybenka.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Public Relations, Media Relations, Community Relations, Educational Relations, Event Management, PT Berrybenka, Pop Up Store Berrybenka
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:31
Last Modified: 06 Mar 2024 04:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/29590

Actions (login required)

View Item View Item