Cynthia, Maria (2017) Perancangan visual kampanye sosial menghadapi hate speech dalam bermedia sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pengguna media sosial di Indonesia mencapai lebih dari 79 juta orang. Semakin banyak jumlahnya berarti semakin besar potensi permasalahan yang timbul. Salah satunya adalah hate speech atau ujaran kebencian. Kasus akibat hate speech di media sosial yang berujung pada konflik sosial semakin marak sejak tahun 2014. Namun sebagian besar netizen masih cuek atau langsung sebal dan emosi. Masih sedikit yang mau tergabung aktif dalam gerakan perdamaian memerangi ujaran kebencian. Hate speech tidak dapat dibiarkan saja karena jika tidak diredam, efeknya akan menjamur dan menginfeksi tabiat netizen lain. Oleh sebab itu dibutuhkan gerakan perubahan perilaku oleh kaum muda di media sosial agar tidak menghasilkan hate speech maupun dapat menanggapi hate speech dengan bijak dengan ‘kalem’ sebagai kuncinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 03:41 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 03:41 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2977 |
Actions (login required)
View Item |