Aktivitas Media Relations di PT Intermatrix Indonesia dalam Menangani Klien Ford Foundation

Trisnadi, Rico (2017) Aktivitas Media Relations di PT Intermatrix Indonesia dalam Menangani Klien Ford Foundation. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (893kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB)

Abstract

Dunia bisnis di Indonesia semakin lama semakin berkembang dengan sangat cepat di semua jenis industri yang akhirnya membuat persaingan di antara perusahaan semakin cepat dan ketat. Perusahaan pun semakin dituntut untuk membuat produk, jasa, ataupun pesan-pesan dalam bentuk kampanye terkait isu tertentu dan menyampaikannya kepada konsumennya melalui pesan yang tepat. Perusahaan dan organisasi sadar bahwa dibutuhkan peran divisi public relations untuk dapat memenuhi kebutuhan teknik berkomunikasi bagi perusahaan agar pesan mereka dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Pentingnya komunikasipun tidak hanya dirasakan oleh organisasi yang berorientasi pada profit, tetapi organisasi nonprofit juga memerlukan kemampuan organisasi yang baik untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat terkait dengan isu-isu publik yang terjadi. Ford Foundation adalah salah satu lembaga atau organisasi nonprofit yang memiliki kepentingan untuk menyampaikan isu-isu publik kepada masyarakat terutama mengenai isu lingkungan. Ford Foundation merupakan lembaga nonprofit yang terpisah dari Ford Motor Company yang telah memainkan peran penting dalam memperkuat masyarakat sipil di Indonesia. Melalui kemitraan, Ford Foundation telah mendukung beberapa generasi pemimpin yang memperjuangkan keadilan sosial. Fokus utama dari Ford Foundation adalah perlindungan sumber daya tanah dan air berbasis komunitas, pengembangan usaha mikro untuk perempuan, serta lingkungan dan dukungan bagi organisasi masyarakat sipil yang sedang berkembang. Di dalam Public Relations sendiri memiliki banyak aktivitas, khususnya saat menjelang diselenggarakannya event. Salah satu aktivitas PR yang penting dan paling sering dilakukan adalah media relations. Media relations memegang peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan atau aktivitas dari public relations. Hal ini dikarenakan media relations memiliki peran krusial bagi perusahaan seperti untuk memperoleh publisitas di media terkait dengan isu yang sedang dihadapi oleh perusahaan, mendapatkan tone yang positif di media terkait isu yang dihadapi perusahaan, dan mendapatkan reaksi yang positif dari masyarakat terhadap perusahaan terkait dengan isu yang dihadapi perusahaan. Ford Foundation sebagai salah satu organisasi nonprofit yang terpisah dari Ford Motor Company juga menyadari bahwa diperlukan peran media relations yang baik agar setiap program yang dijalankan oleh organisasi yang berada di bawah naungan dari Ford Foundation dapat terliput dengan baik oleh media dan mendapatkan tone pemberitaan serta respon yang positif dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Public Relations, Media Relations, Ford Foundation, Perubahan Iklim, Intermatrix Communications.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:59
Last Modified: 19 Apr 2024 08:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item