Penerapan Sistem Pencatatan dan Pengawasan Piutang pada Divisi Finance Bagian AR PT. Delta Mega Persada

Wilson, Timothy (2018) Penerapan Sistem Pencatatan dan Pengawasan Piutang pada Divisi Finance Bagian AR PT. Delta Mega Persada. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Timothy Wilson - 14130110083 - Laporan Magang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB)

Abstract

Kegiatan kerja magang yang dilakukan oleh penulis pada tanggal 24 Juli – 24 November 2017 sebagai Account Receivable staff memiliki pembelajaran tersendiri. Dimana pengawasan dan pencatatan piutang termasuk bagian terpenting dalam sebuah organisasi. Mengingat sebuah perusahaan memiliki tujuan dan dalam mencapai tujuan tersebut, perusahaan membutuhkan alur kas yang lancar. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa proses pengawasan dan pencatatan piutang merupakan langkah awal perusahaan untuk mencapai visinya. Karena dari proses tersebut, perusahaan bisa mengelola aliran kas masuk agar lebih efektif dan efisien. Kegiatan kerja magang selama 80 hari ini dilakukan penulis di PT. Delta Mega Persada atau disingkat PT. DMP. PT DMP merupakan perusahaan yang bergerak dibidang property developer. Perusahaan yang berdiri sejak 1991 ini, memiliki beberapa produk properti seperti Suvarna Sari, Suvarna Padma, Suvarna Jati, Terrace 8, Terrace 9 dan Suvarna Padi. Saat ini produk properti dari PT. DMP berlokasi di daerah Tangerang dan sekitarnya. Selama kegiatan magang berlangsung, penulis diberikan kesempatan untuk mengerjakan tugas menjadi seorang Account Receivable staff. Adapun tanggung jawab penulis di posisi Account Receivable staff yaitu menginput data konsumen baru, Membuat surat denda dan surat peringatan, membuat Aging Schedule dan mengawasi konsumen yang hutangnya sudah jatuh tempo, membuat Laporan Account Receivable, membuat form penghapusan denda serta menghapus denda yang ada pada sistem perusahaan. Selain itu, tugas lain yang diberikan kepada penulis adalah filing dokumen perusahaan, mencatat pembayaran perusahaan dengan menggunakan cek atau giro, menghitung DPP dan PPN serta mengidentifikasi rekening koran perusahaan. Dari tanggung jawab yang diberikan kepada penulis sebagai AR staff , maka penulis dapat menyimpulkan bahwa seorang staff AR harus melalui beberapa proses penting dalam pengawasan dan pencatatan piutang

Item Type: Thesis (Internship)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 May 2024 03:20
Last Modified: 03 May 2024 03:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item View Item