Alur Kerja Reporter Kanal Nasional di Suara.Com

Fajaresta, Handita (2018) Alur Kerja Reporter Kanal Nasional di Suara.Com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HANDITA FAJARESTA -14140110028.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (326MB)

Abstract

Informasi menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Kebutuhan khalayak akan informasi menjadi alasan hadirnya kebebasan berpendapat dan mendapatkan informasi setelah masa orde baru pada 1998. Di era digital ini, khalayak memiliki kekuasaan yang lebih besar dalam konsumsi Informasi. Yang disajikan memberikan masyarakat kekuasaan untuk memilih sesuai kebutuhannya. Perkembangan teknologi juga telah mengubah model komunikasi satu-kebanyak (one-to-many) tradisional menjadi model komunikasi baru banyak-kebanyak (many-to-many). Dari informasi atau berita yang disajikan oleh suatu media dapat terbangun kepercayaan khalayak. Oleh karena itu, repoter sebagai seorang dalam media yang menjadi tangan pertama dalam menginterpretasikan informasi hingga layak dijadikan berita harus bertanggungjawab sehingga tidak memberikan informasi yang salah pada masyarakat. Suara.com merupakan salah satu portal berita online yang menyajikan berita sebagai wujud kepedulian terhadap kebutuhan informasi masyarakat. Bertujuan untuk memberikan warna baru bagi media online di Indonesia, sehingga berita yang disampaikan akan memberikan pencerahan bagi khalayaknya. Suara.com juga ingin membantu khalayak mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas. Melakukan kerja magang di Suara.com,penulis berperan sebagai reporter. Dalam melakukan praktik kerja magang, penulis dituntut untuk mencari informasi seputar Nasional. Dimulai dengan melakukan riset atas isu Nasional di tempat yang sudah ditentukan dan dilanjutkan dengan membuat berita. Sebagai reporter media online, penulis dituntut untuk menulis berita dalam waktu yang cepat, tetapi tetap akurat dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Berita yang ditulis kebanyakan straight news, namun ada juga beberapa berita soft news.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: reporter, nasional, Suara.com, media online, reporter
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 May 2024 04:08
Last Modified: 21 May 2024 04:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30626

Actions (login required)

View Item View Item