Kasih, Junika (2018) Peran dan Aktivitas Content Marketing di Gramedia.Com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (998kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pada era digital dimana teknologi semakin canggih, internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Dengan tingginya penggunaan internet, gaya hidup orangorang ikut berubah, tidak terkecuali di Indonesia. Banyak aktivitas yang dilakukan secara online, salah satunya adalah belanja online. Bisnis e-commerce pun berkembang pesat. E-commerce tidak hanya memperjualbelikan produk saja. Akan tetapi, e-commerce berusaha menghadirkan beragam informasi yang dibutuhkan oleh publik, baik itu tentang perusahaan maupun produk. Tentu ada strategi ataupun langkah-langkah penulisan Public Relations (PR) yang dilakukan oleh e-commerce dalam menyajikan informasi. Begitu pula yang dilakukan oleh salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia, yaitu Gramedia.com. Di Gramedia.com, penulisan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan produk dilakukan oleh seorang content marketing. Oleh karena itu, laporan ini membahas mengenai bagaimana Peran dan Aktivitas Content Marketing di Gramedia.com. Penulis melaksanakan praktik kerja magang selama kurang lebih lima bulan sebagai content marketing di Gramedia.com, tepatnya pada tanggal 3 Juli 2017 hingga 24 November 2017. Tanggung jawab yang dilakukan penulis diantaranya adalah menulis product description, product category description, beberapa konten media sosial, dan konten iklan pada periode Harbolnas 11 November 2017. Setelah masa praktik kerja magang berakhir, penulis menemukan bahwa Gramedia.com cenderung memberi kebebasan pada content marketing untuk menulis secara kreatif. Namun, penulis juga menemukan bahwa langkah-langkah penulisan PR tidak seluruhnya sesuai dengan yang dipelajari di perkuliahan. Namun, tahap pencarian informasi lain sebagai referensi dari berbagai sumber tetap selalu dilakukan sebelum melakukan suatu penulisan. Informasi yang dihadirkan melalui tulisan tersebut juga harus selengkap mungkin untuk memenuhi kebutuhan informasi dari publik. Konten informasi ini juga disesuaikan dengan keywords yang paling sering dicari melalui mesin pencari (search engine).
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | penulisan PR, content marketing, Gramedia.com |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:06 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30687 |
Actions (login required)
View Item |