Proses Kerja Internal Communication di Kompas Gramedia

Andriyani, Novita (2018) Proses Kerja Internal Communication di Kompas Gramedia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (993kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Ada begitu banyak ragam perusahaan yang berkembang di Indonesia. Setiap perusahaan memiliki spesialisasi dalam satu jenis usaha yang akhirnya selalu diingat masyarakat. Tetapi tidak menutup kemungkinan sebuah perusahaan memiliki berbagai jenis usaha yang tidak berhubungan satu sama lain. Perusahaan seperti itu biasa disebut dengan perusahaan kelompok atau konglomerasi. Salah satu perusahaan konglomerasi yang berada di Indonesia adalah Kompas Gramedia. Kompas Gramedia memiliki berbagai jenis unit bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap unit bisnis tersebut tentunya memiliki karyawan dan pemimpin yang menjalankan tugasnya masing-masing dalam mengembangkan perusahaan-perusahaan di bawah naungan Kompas Gramedia. Untuk merangkul seluruh unit bisnis Kompas Gramedia, maka dibentuk lah beberapa jenis fungsional unit dan salah satunya adalah Corporate Communication. Corporate Communication di Kompas Gramedia terbagi dalam tiga departemen, External Communication, Internal Communication, dan Communication Supporting System. Laporan ini akan membahas lebih lanjut mengenai proses kerja Internal Communication dalam menjalankan strategi komunikasi. Penulis melihat dan mempelajari proses kerja yang dilakukan departemen Internal Communication dalam memberikan informasi kepada stakeholder internalnya. Internal Communication Kompas Gramedia selalu berperan aktif dalam menampung informasi dari seluruh unit bisnis dan turut menyebarkan informasi tersebut ke seluruh karyawan perusahaan. Bentuk penyebarannya juga bermacammacam, mulai dari membuat e-mail blast, membuat majalah internal, membuat PSA, memperbarui website perusahaan, dan juga membuat acara-acara untuk hari besar perusahaan. Selama menjalani praktik kerja magang di departemen Internal Communication Kompas Gramedia, penulis melihat ada beberapa kegiatan yang terus dilakukan dalam mencapai tujuan perusahaan. Internal Communication Kompas Gramedia menjalankan beragam special events dan juga PR writing yang diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang dijalankan. Fungsi internal communication diimplementasikan dengan baik dalam perusahaan konglomerasi seperti Kompas Gramedia. Unit-unit bisnis dapat disatukan dengan berbagai kegiatan internal yang mendekatkan hubungan antara satu unit bisnis dengan unit bisnis lainnya.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Kompas Gramedia, Internal Communication, Corporate Communication.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 May 2024 07:35
Last Modified: 24 May 2024 07:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item