Alur Kerja Reporter Feature pada Tabloid Nakita

Lauzart, Angeline Wirawan (2016) Alur Kerja Reporter Feature pada Tabloid Nakita. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULTEX.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Media massa dengan kategori special interest semakin berkembang, tidak hanya berfokus pada topik-topik seperti pertanian, hobi, ataupun bisnis saja, tetapi juga topik-topik yang memiliki tingkat urgensi tinggi seperti kesehatan khususnya dunia parenting. Berangkat dari hal ini, media cetak khususnya tabloid dengan kategori special interest memperluas bidang bahasannya dan melakukan ekspansi ke topik-topik khusus seperti kesehatan dan dunia parenting. Banyak konsumen media massa, khususnya orang tua, membutuhkan informasi tentang kesehatan keluarga serta pola pengasuhan anak yang baik dan benar. Laporan magang ini berisi tentang kegiatan praktik kerja magang yang dilakukan di Kompas Gramedia Group of Magazine pada redaksi tabloid Nakita yang berlokasi di Jalan Panjang no. 8A, Jakarta Barat. Praktik kerja magang dilakukan mulai dari 6 Juli hingga 9 Oktober 2015. Selama kurang lebih tiga bulan melaksanakan praktik kerja magang, penulis belajar bagaimana menjadi seorang reporter yang baik dan menulis feature dengan topik-topik seputar dunia parenting, perkembangan anak, dan kesehatan keluarga. Pada pelaksanaannya, penulis mempraktikkan langsung tahap-tahap kerja reporter yang mulai dari proses pencarian ide, pengumpulan data dan wawancara narasumber, penulisan artikel, penyuntingan artikel oleh editor senior, hingga publikasi artikel. Ilmu yang didapatkan serta materi pembekalan oleh dosen selama mengikuti perkuliahan di universitas banyak diaplikasikan dan sangat membantu penulis dalam melakukan tugas. Ada beberapa kendala yang dihadapi selama praktik kerja magang berlangsung, tetapi dapat teratasi dengan arahan, bimbingan, serta koordinasi yang dilakukan dengan dengan pembimbing lapangan, reporter senior, editor senior, dan rekan kerja lainnya.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Tabloid Nakita, dunia parenting, ibu dan anak, reporter feature
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.3 Financial Reporting
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 May 2024 04:40
Last Modified: 30 May 2024 04:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30942

Actions (login required)

View Item View Item