Proses Kerja Reporter Divisi News di Radio 87.6 Sindotrijaya FM Palembang

Octaviani, Santia Inda (2016) Proses Kerja Reporter Divisi News di Radio 87.6 Sindotrijaya FM Palembang. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULTEX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Meskipun telah memasuki era digitalisasi, radio tetap menjadi salah satu media yang tidak termakan oleh waktu. Radio masih menjadi salah satu media yang dapat menerobos keterbatasan ruang. Media radio menyediakan berbagai pilihan melalui program acara pemberitaan yang melibatkan narasumber ahli dan pendengar. Radio memberi kesempatan masyarakat untuk berpikir dan membuat keputusan. Dengan adanya kegiatan wajib kerja magang yang dilakukan seluruh mahasiswa di Universitas Multimedia Nusantara, penulis dapat menghadapi secara langsung perkembangan media radio melalui dunia kerja. Dengan skema waktu pelaksanaan kerja magang dimulai dari 4 April 2016 – 4 Juni 2016. Penulis melakukan kerja magang di Sindotrijaya FM Palembang, radio Sindotrijaya FM Palembang sudah berdiri sejak 2006, dengan format informasi sebagai menu utama dan musik sebagai selingan, Sindotrijaya FM hadir memberi warna baru dalam industri radio di Indonesia. Reporter divisi news dan penyiar merupakan pekerjaan yang dilakoni penulis dalam pelaksanaan kerja magang di Sindotrijaya FM. Penulis mengumpulkan data dari talkshow dan wawancara yang kemudian disusun menjadi naskah berita radio, melakukan penyuntingan naskah dan memproduksi suara untuk item on-air program Lintas 30. Melakukan persiapan dan pendalaman materi sebelum siaran on-air pada program Spirit Sumsel dan Working Zone. Penulis menemukan kesimpulan dalam proses pelaksanaan kerja magang yakni, pengalaman bekerja di Sindotrijaya FM Palembang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja nyata, bagaimana proses dalam pembuatan, penyuntingan dan penyusunan naskah radio yang sesuai dengan target pendengarnya, dan bagaimana proses penyiar saat melakukan siaran on-air. Ditambah dengan mempraktikan teori perkuliahan jurusan jurnalistik yang dikaitkan dengan penulis ketika pelaksanaan kerja magang di Sindotrijaya FM Palembang.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Reporter, Radio, Sindotrijaya, Palembang
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 May 2024 01:29
Last Modified: 31 May 2024 01:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30964

Actions (login required)

View Item View Item