Engelrika, Engelrika (2018) Aktivitas Cyber Public Relations dalam Mengelola Sosial Media di Sociabuzz. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
FULLTEXT.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (18MB) |
Abstract
Perkembangan sosial media melahirkan istilah influencers, buzzer,dan key opinion leader. Dengan kata lain publik yang memiliki pengaruh dan dapat membantu perusahaan dalam menciptakan kesadaran merek. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah kurangnya informasi, keahlian, dan tenaga kerja untuk mengelola influencers. Sociabuzz.com merupakan platform untuk menghubungkan influencers dan perusahaan yang ingin melakukan kampany. Konsep yang digunakan adalah Word-of- Mouth (WOM) untuk menjalankan kampanye perusahaan. Fokus utama Sociabuzz adalah menerapkan strategi komunikasi online PR. Selama praktik kerja magang, penulis berada dalam divisi digital campaign & marketing executives. Penulis mendapatkan kendala internal dan eksternal yang dialami Sociabuzz. Dalam kendala internal terjadi miscommunication antar divisi, kurangnya SDM, dan pembagian deksripsi kerja tidak sesuai dengan praktik yang ada. Kendala eksternal yang dialami Sociabuzz adalah model komunikasi simetris dua arah yang tidak dibatasi. Sociabuzz membuka ruang negosiasi dan membuat klien dapat memberikan dampak negatif pada citra dan reputasi perusahaan. Dengan berbagai proses kerja dan kendala yang ada, penulis mendapati bahwa aktivitas online PR secara efektif dapat meningkatkan keterlibatan publik. Akan tetapi, untuk meningkatkan kesadaran publik membutuhkan tahapan waktu. Berbeda dengan aktivitas offline PR yang dapat meningkatkan kesadaran merek dalam kurun waktu yang cepat.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | sosial media, influencers, dan cyber PR |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:35 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30986 |
Actions (login required)
View Item |