Aktivitas Cyber Public Relations dalam Mengelola Sosial Media di Sociabuzz

Engelrika, Engelrika (2018) Aktivitas Cyber Public Relations dalam Mengelola Sosial Media di Sociabuzz. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULLTEXT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan sosial media melahirkan istilah influencers, buzzer,dan key opinion leader. Dengan kata lain publik yang memiliki pengaruh dan dapat membantu perusahaan dalam menciptakan kesadaran merek. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah kurangnya informasi, keahlian, dan tenaga kerja untuk mengelola influencers. Sociabuzz.com merupakan platform untuk menghubungkan influencers dan perusahaan yang ingin melakukan kampany. Konsep yang digunakan adalah Word-of- Mouth (WOM) untuk menjalankan kampanye perusahaan. Fokus utama Sociabuzz adalah menerapkan strategi komunikasi online PR. Selama praktik kerja magang, penulis berada dalam divisi digital campaign & marketing executives. Penulis mendapatkan kendala internal dan eksternal yang dialami Sociabuzz. Dalam kendala internal terjadi miscommunication antar divisi, kurangnya SDM, dan pembagian deksripsi kerja tidak sesuai dengan praktik yang ada. Kendala eksternal yang dialami Sociabuzz adalah model komunikasi simetris dua arah yang tidak dibatasi. Sociabuzz membuka ruang negosiasi dan membuat klien dapat memberikan dampak negatif pada citra dan reputasi perusahaan. Dengan berbagai proses kerja dan kendala yang ada, penulis mendapati bahwa aktivitas online PR secara efektif dapat meningkatkan keterlibatan publik. Akan tetapi, untuk meningkatkan kesadaran publik membutuhkan tahapan waktu. Berbeda dengan aktivitas offline PR yang dapat meningkatkan kesadaran merek dalam kurun waktu yang cepat.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: sosial media, influencers, dan cyber PR
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 May 2024 03:35
Last Modified: 31 May 2024 03:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30986

Actions (login required)

View Item View Item