Teknik Focus Group Discussion sebagai Metode Pengumpulan Data bagi Markplus.INC

Carissa, Chrestella (2017) Teknik Focus Group Discussion sebagai Metode Pengumpulan Data bagi Markplus.INC. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

MarkPlus.Inc merupakan perusahaan yang bergerak di bidang marketing consultant yang didirikan oleh Bapak Hermawan Kertajaya, salah satu dari 50 marketing guru yang diakui di seluruh dunia. Sebagai leading marketing consultant di Indonesia, MarkPlus.Inc memberikan berbagai jasa berkaitan dengan pemasaran seperti riset pasar, pelatihan, serta consulting. Salah satu jasa yang paling diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan adalah riset pasar. Bagi perusahaan, data mengenai konsumen yang menjadi target dari produk dan jasa mereka di pasar adalah hal yang sangat berharga. Namun, perusahaan memiliki keterbatasan untuk mendapatkan data tersebut. Untuk itu, peran seorang business analyst MarkPlus.Inc diperlukan untuk melakukan riset pasar sebagai solusi atas kebutuhan mereka. Berbagai metode dapat digunakan untuk mendapatkan data yang berguna bagi proses analisa dan penyususan laporan, salah satunya adalah metode focus group discussion. Dengan metode tersebut, peneliti akan mendapatkan hasil dan pemahaman lebih mendalam mengenai perilaku konsumen di pasar (customer insight) yang tidak bisa didapatkan melalui metode kuantitaif seperti survey atau face-to-face interview. Praktek kerja magang yang dilakukan oleh penulis telah memberikan pengalaman berharga dan berbagai manfaat yang berguna bagi masa depan penulis. Penulis merasakan pengalaman kerja nyata sebagai seorang business analyst di MarkPlus.Inc dan dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaan secara nyata. Selama bekerja, penulis mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama di bangku perkuliahan serta mendapatkan ilmu baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Tidak hanya hardskill, seorang business analyst juga dituntut untuk memiliki softskill dalam melaksanakan pekerjaannya seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik serta kemampuan presentasi. Pengalaman kerja magang yang dilakukan oleh penulis telah meninggalkan kesan baik kepada penulis dan memberikan bekal sebagai persiapan untuk menghadapai dunia kerja di masa yang akan datang

Item Type: Thesis (Internship)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 023 Personnel Management
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jun 2024 09:10
Last Modified: 25 Jun 2024 09:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/31036

Actions (login required)

View Item View Item