Rancang Bangun Website Permainan Buta Warna Menggunakan Plat Ishihara dengan Menerapkan Metode Gamifikasi

Febila, Adrian Yorivan (2024) Rancang Bangun Website Permainan Buta Warna Menggunakan Plat Ishihara dengan Menerapkan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (808kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (368kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Di beberapa tempat, pemeriksaan buta warna biasanya masih dilakukan secara manual yaitu petugas medis memperlihatkan buku gambar Ishihara dan pasien diminta untuk menyebutkan angka yang terlihat pada buku gambar Ishihara tersebut. Tes buta warna yang dilakukan secara manual memiliki kekurangan seperti warna pada gambar plat Ishihara di dalam buku Ishihara sudah pudar, akibatnya terjadi salah penafsiran dalam mengenali pola angka. Maka dari itu diperlukan website atau permainan buta warna. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat umum mengetahui indikasi awal ada kemungkinan mengidap buta warna atau tidak, serta sebagai sarana alternatif hiburan. Salah satu mode permainan buta warna ini yaitu mode Ishihara. Ishihara adalah tes yang paling sering digunakan oleh penderita buta warna. Metode gamifikasi yang diterapkan pada website menggunakan framework Octalysis dengan menerapkan dua core drive yaitu Development & Accomplishment dan Empowerment of Creativity & Feedback. Kedua core tersebut diterapkan pada website permainan buta warna dalam bentuk achievements, leaderboard dan time. Website telah dievaluasi dengan menggunakan Hedonic Motivation System Adoption Model yang memperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 72,82% pada aspek Behavioral Intention to Use dan persentase rata-rata sebesar 82,88% pada aspek Focused Immersion.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Buta Warna, Gamifikasi, HMSAM, Ishihara, Octalysis, Pembelajaran, Web
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:18
Last Modified: 06 Nov 2024 02:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32157

Actions (login required)

View Item View Item