Aurelia, Ivonne (2024) Endorsement Klinik Kecantikan untuk Pria di Instagram (Studi Semiotika Roland Barthes pada Klinik MEN/O/LOGY dan Akun @fandych). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (352kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (500kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (244kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (215kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
Abstract
Laki-laki yang sangat menjaga cara berbusana, berdandan dan menata diri bahkan melebihi perempuan dikenal sebagai laki-laki dengan gaya hidup metroseksual. Laki-laki metroseksual memperluas arti dari maskulinitas dari yang tradisional hingga menjadi pencampuran antara maskulinitas dan feminitas sehingga memunculkan klinik seperti MEN/O/LOGY yang menawarkan perawatan kecantikan bagi laki-laki. Sebagai pionir, klinik MEN/O/LOGY berupaya memasarkan produknya melalui kegiatan endorsement di akun media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda dalam representasi laki-laki metroseksual pada konten klinik MEN/O/LOGY di Instagram. Dengan menggunakan paradigma konstruktivis dan metode analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini menganalisis 5 tangkapan layar dari video yang diunggah oleh akun Instagram @fandych melalui analisis sintagmatik dan paradigmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanda-tanda representasi laki- laki metroseksual diselipkan pada aktivitas endorsement klinik MEN/O/LOGY di Instagram dilakukan dengan 2 cara. Pertama, melalui aspek visual seperti penggunaan warna, teknik pengambilan gambar, titik pandang kamera dan subtitle pada video endorsement. Kedua, penggunaan produk pada aktivitas keseharian endorser melalui video yang diunggah di Instagram.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Endorsement, Instagram, Laki-Laki Metroseksual, Perawatan Kecantikan, Roland Barthes, Semiotika |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:34 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32200 |
Actions (login required)
View Item |