Ramandha Pradipta, Adam (2023) Analisis Konten Media Sosial Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana pada Instagram @bnpb_indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (705kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (276kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (261kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (165kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (114kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau disingkat BNPB adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab (national focal point) atas penanggulangan bencana di Indonesia. Kegiatan Penanggulangan Bencana pada dasarnya adalah serangkaian kegiatan baik sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana yang dilakukan untuk mencegah, mengurangi, menghindari dan memulihkan diri dari dampak bencana. Penanggulangan bencana harus dikelola secara integral, holistik dan komprehensif. Dalam beberapa tahun terakhir, bencana alam (seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir dan lain-lain) sering terjadi. Perlu adanya komunikasi publik yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana alam. Salah satunya penyampaian pesan melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui, menjabarkan, serta mendeskripsikan penggunaan strategi pesan dari aspek struktur pesan, isi pesan, framing dan bahasa di media sosial Instagram BNPB (@bnpb_indonesia). Penelitian ini menggunakan konsep strategi pesan berdasarkan struktur pesan, konten pesan, framing dan bahasa dari Richard M. Perloff. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Populasi yang ada di dalam penelitian ini mencakup semua post yang ada di dalam feeds akun media sosial Instagram yang berjumlah 744 feeds akun media sosial Instagram BNPB Indonesia dalam periode 1 Oktober 2022 31 Oktober 2023. Sample yang diteliti berjumlah 123 feeds, dengan menggunakan teknik random non-purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa BNPB menggunakan strategi pesan dengan struktur pesan eksplisit dalam mencapai penarikan kesimpulan, argumen satu sisi unuk mencapai sisi argumen, dan recency untuk mencapai urutan penyampaian pesan. Penerapan konten pesan yang digunakan BNPB adalah alur cerita, pada framing menggunakan fokus pesan, dan pada bahasa digunakan adalah relevan dan variatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pesan, Struktur Pesan, Konten Pesan, Framing, Bahasa, Instagram |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:48 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32258 |
Actions (login required)
View Item |