Implementasi Generative AI sebagai Procedural Content dalam Permainan Visual Novel

Hutama Husen, Dharma (2024) Implementasi Generative AI sebagai Procedural Content dalam Permainan Visual Novel. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (699kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (366kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (396kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Video game yang memiliki konten berdasarkan cerita memiliki batas akhir cerita yang dapat tercapai. Dalam survei yang dilakukan kepada pemain Genshin Impact, sebanyak 67% responden telah mencapai akhir dari cerita yang tersedia. Akhir cerita permainan dapat menyebabkan permainan yang repetitif. Dalam rangka memperbanyak konten cerita yang terdapat dalam permainan, penelitian ini menggunakan teknologi Generative AI untuk membuat cerita prosedural. Penelitian ini juga akan mengukur keserupaan hasil cerita menggunakan model sentence similarity.Konten teks dibuat menggunakan LLM bernama mistralai/Mixtral- 8x7B-Instruct-v0.1. Konten gambar dibuat menggunakan model Text-To-Image bernama stabilityai/stable-diffusion-xl-base-1.0. Keserupaan hasil cerita diukur menggunakan model sentence similarity bernama sentence-transformers/all- MiniLM-L6-v2 dengan batas keserupaan 73%. Aplikasi visual novel diterapkan dalam Unity Engine versi 2022.3.26f1. Akses antara aplikasi Unity dan model diterapkan melalui REST API yang disediakan oleh website Hugging Face.Hasil penelitian ini berupa implementasi permaian Visual Novel dengan konten buatan Generative AI, serta pengukuran tingkat keunikan sebesar 36,667% untuk pemakaian banyak hingga 60% untuk pemakaian sedikit. Pengurangan tingkat keunikan ini terjadi karena terdapat genre cerita yang cenderung lebih umum, serta karena jumlah perbandingan yang lebih besar.Penelitian ini menunjukkan cara implementasi Generative AI dalam permainan visual novel, serta menunjukan bahwa kemampuan Generative AI dalam membuat cerita unik akan berkurang dengan bertambahnya perulangan permainan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Hutama Husen, Dharma (00000035891)
Contributors: Istiono, Wirawan
Keywords: Generative AI, Large-Language-Model, Sentence Similarity, Transformer, Visual Novel
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32332

Actions (login required)

View Item View Item