Digital Fandom dan Media Baru: Studi Etnografi Virtual terhadap Kelompok Penggemar Kobo Kanaeru di Twitter

Caeshar Trinugraha, Muhammad (2023) Digital Fandom dan Media Baru: Studi Etnografi Virtual terhadap Kelompok Penggemar Kobo Kanaeru di Twitter. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (719kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (495kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (245kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (143kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (126kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)

Abstract

Media baru merubah cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi. Saat ini seseorang dapat menggunakan karakter virtual 2D untuk berinteraksi melalui suatu platform media baru contohnya YouTube, hal tersebut dapat dikategorikan kedalam virtual youtuber. Kobo Kanaeru adalah salah satu Vtuber dari agensi Hololive Indonesia yang menjadi salah satu instrumen dalam penelitian ini, lebih tepatnya kepada kelompok penggemarnya yaitu Kobokerz. Penelitian ini memiliki tujuan mengkaji tentang bagaimana budaya penggemar di era digital dengan melihat aktivitas penggemar yang dilakukan oleh para anggota fandom melalui media sosial. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode etnografi virtual, dan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi-partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Konsep yang digunakan adalah fandom, aktivitas fandom, media baru dan budaya penggemar. Hasil penelitian menunjukkan Kobokerz adalah fan name yang diberikan kepada penggemar Kobo bukan sebuah gelar atau penghormatan tertentu yang Kobo berikan dan tidak ada standar khusus untuk menjadi Kobokerz. Untuk aktivitas reguler tahunan, Kobokerz akan membuat sebuah projek (fan project) misalnya, ulang tahun Kobo, selebrasi followers atau subscriber, dan anniversary. Selain itu, penggemar Kobo juga senang membuat fan production yang paling banyak ditemukan pada Twitter adalah fan art dengan tagar #AeruSeni. Kobokerz memilih fitur Super Chat pada platform YouTube yang paling populer untuk digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan Kobo Kanaeru dibandingkan menggunakan media sosial Twitter. Sebagai kelompok penggemar Kobokerz tidak pernah terlibat dalam aksi sosial, hal tersebut dikarenakan agensi Hololive menyatakan dirinya untuk tidak mencampurkan urusan yang berada di luar industri hiburan miliknya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Virtual youtuber, Aktivitas fandom, Budaya Penggemar, Media Baru
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:31
Last Modified: 06 Nov 2024 03:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item View Item