Lesmana, Dimas (2023) Implementasi Procedural Content Generation dalam Pembuatan Level pada Game One Line Puzzle Menggunakan Unity. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (209kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (237kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (202kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (74MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam industri video game telah membawa dampak positif yang signifikan pada aspek rendering, kualitas gambar, ergonomi, dan pengalaman pengguna. Nine dots puzzle merupakan salah satu jenis puzzle yang menerapkan konsep continuous line drawing yang mengharuskan pemain untuk menggambar empat garis lurus yang menghubungkan semua titik tanpa mengangkat pena dari kertas. Pembuatan konten memiliki peran krusial dalam industri video game, dan Procedural Content Generation (PCG) menjadi terobosan dengan menerapkan algoritma untuk menghasilkan konten secara otomatis yang mempermudah proses pembuatan konten di dalamnya. Meskipun PCG umumnya diterapkan dalam video game, implementasinya dalam genre puzzle masih terbatas. Pembuatan level secara manual memerlukan waktu dan usaha yang besar, dan pembuat game harus memastikan level tersebut tidak dapat diprediksi serta menarik untuk dimainkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode PCG dengan algoritma Drunkard Walk yang dimodifikasi dalam pembuatan level pada game One Line puzzle yang menerapkan konsep continuous line drawing. Selain itu, penelitian ini juga mengukur tingkat kepuasan pemain terhadap keseluruhan gameplay dari game yang dibuat menggunakan Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS). Hasil evaluasi dari pengujian game memperoleh persentase rata- rata sebesar 77,83% yang mengindikasikan tingkat kepuasan pemain terhadap keseluruhan gameplay dari game yang dibuat berada pada tingkat "Baik".
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Drunkard Walk, Game User Experience Satisfaction Scale, Mobile Game, One Line Puzzle, Procedural Content Generation |
Subjects: | ?? T58.5-58.64 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:45 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32447 |
Actions (login required)
View Item |