Analisis Isi Personal Branding Ganjar Pranowo melalui Instagram sebagai Calon Presiden Indonesia 2024

Khairunnisa, Iola (2023) Analisis Isi Personal Branding Ganjar Pranowo melalui Instagram sebagai Calon Presiden Indonesia 2024. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (524kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (490kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (507kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (279kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (527kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Seorang pejabat publik harus memiliki personal branding untuk membuat masyarakat sekitarnya percaya mengenai nilai, keunggulan, reputasi, kemampuan serta menunjukan sesuatu yang positif dalam dirinya khususnya bagi pejabat publik karena dapat menunjang kesuksesan. Penelitian ini memfokuskan pada analisis konten yang terdapat pada Akun Instagram @ganjar_pranowo. Ganjar Pranowo dinilai memiliki personal branding yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengetahui personal branding yang paling dominan yang dilakukan Ganjar Pranowo pada akun Instagram @ganjar_pranowo. Teori utama yang digunakan adalah Personal Branding yang memiliki delapan konsep menurut Peter Montoya (2002). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis isi pada 137 konten Instagram @ganjar_pranowo terhitung sejak 5 September 2023 saat Ganjar Pranowo selesai menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah sampai dengan 19 Oktober 2023, ketika Ganjar Pranowo mendaftarkan diri menjadi Calon Presiden 2024 di KPU. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo mendapatkan persentase nilai sebesar 115,3% atas dimensi The Eights Laws of Personal Branding di media sosial dengan hasil tertinggi yaitu ada pada dimensi terlihat (the law of visibility) dan hasil terendah yaitu pada dimensi kesatuan (the law of unity). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Ganjar Pranowo telah berhasil menggunakan konsep The Eights Laws of Personal Branding dari Teori Personal Branding Montoya (2002). Ganjar Pranowo diharapkan dapat mempertahankan Persona Branding nya di media sosial Instagram dengan persentase yang tinggi pada unggahan-unggahan berikutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Isi, Personal Branding, Ganjar Pranowo
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:49
Last Modified: 06 Nov 2024 03:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32465

Actions (login required)

View Item View Item