Devania Setiawan, Clarissa (2024) Perancangan Figur Interactive Toys untuk Mengenalkan Relasi Sosial kepada Penyandang Disabilitas Intelektual. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (9MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (15MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (685kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (46MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
Abstract
Pandangan khalayak umum terhadap penyandang disabilitas membuat mereka hidup dalam sebuah stigma tertentu yang membuatmerekaberada padaposisiyangkurangmenguntungkandalaminteraksisosial.Lingkungan sosial pertama bagi anak dimulai darilingkungankeluargadimanamereka menjadi tempat bagi anak belajar untuk berinteraksi. Dalam segi pendidikan,khususnyadiSekolahLuarBiasamemilikisistempembelajaran yang merujuk pada paket buku tekstual dengan visualisasi yang tidak terstruktur dalam hal kejelasan objek, keterangan, korelasi dengan kehidupan sosial. Untuk itu, dibutuhkan variasi media pembelajaran yang bersifat interaktif untuk meningkatkan pemahaman mengenai relasi sosial untuk penyandangdisabilitasintelektual,dimanasalahsatuelemenpenting adalah figur. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling dengan metode penelitian kualitatif melalui wawancara, observasi, studi eksisting, danstudiliteratur.PenulismenggunakanmetodeDesignThinkingdengan5 tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. Penulis fokus padasalahsatuelemenmediayaitumerancangfigurinteractivetoyssebagai penguat media pembelajaran pengenalan diri dan keluarga inti beserta perannya.
Item Type: | Technical Report (MBKM Report) |
---|---|
Creators: | Devania Setiawan, Clarissa (00000053655) |
Contributors: | Nurfarina, Anne (0416066807) |
Keywords: | Disabilitas Intelektual, Figur, Interactive Toys, Media Pembelajaran Interaktif. 7 Perancangan FigurInteractive..., Clarissa Devania Setiawan, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 09:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |