Perancangan Pengalaman Pengunjung dalam Pameran Seni Daring

Natania, Felicia (2024) Perancangan Pengalaman Pengunjung dalam Pameran Seni Daring. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (799kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (309kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (137kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Pelaksanaan pameran seni mengalami keterbatasan akibat penyebaran penyakit COVID-19, yang memaksa diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta kemajuan teknologi yang memadai, mendorong pameran seni untuk beralih ke dalam bentuk pameran virtual atau daring. Setelah berakhirnya penyebaran penyakit COVID-19, pameran seni daring mengalami perubahan fungsi dari penganti menjadi media pendukung tambahan bagi pameran seni luring. Namun, pameran seni daring memiliki keterbatasan interaksi pengunjung, karya seni, dan ruang pameran, yang menjadi salah satu dampak pengunjung kesulitan menghayati karya seni pada pameran daring. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa dan membuat perancangan pengalaman pengunjung dalam pameran seni daring. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Human centered design, sebuah metode desain yang berdasar oleh empati, menempatkan desainer sebagai pengguna desain dengan tujuan untuk memahami dan memecahkan masalah yang dialami mereka. Hasil penelitan menunjukan bahwa pengalaman interaksi yang akan terjadi dalam pameran seni cukup berkubungan dengan personality assessment pengunjung. Orang yang merasa extrovert cenderung untuk menggunakan chat baik lebih dulu atau merespon orang lain, sedangkan orang yang merasa dirinya ambivert dan introvert mayoritas hanya akan menjawab orang lain. Hasil data dari penelitian ini nantinya akan menjadi dasar perancangan desain antarmuka fitur ruang obrolan pameran seni daring.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Pameran seni daring, Penghayatan seni, Interaktivitas, Human centered design, Pengalaman pengunjung
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Nov 2024 09:07
Last Modified: 07 Nov 2024 09:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33005

Actions (login required)

View Item View Item