Perancangan Visual Environment dalam Interactivity Toys untuk Mengenalkan Konsep Keluarga kepada Anak Disabilitas Intelektual

Felecia, Thalia (2024) Perancangan Visual Environment dalam Interactivity Toys untuk Mengenalkan Konsep Keluarga kepada Anak Disabilitas Intelektual. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Pendidikan relasi sosial menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh semua orang, termasuk penyandang disabilitas intelektual. Sayangnya belum terbangun pemahaman tentang konsep relasi sosial bagi penyandang disabilitas intelektual usia 6-18 tahun. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang komprehensif berupa interactivity toys yang diinisiasi oleh PSIT. Penulis sebagai anggota peneliti akan berfokus pada visual environment media interactivity toys bertema rumah. Hasil perancangan visual environment berupa ruangan di rumah beserta perabotan yang mendukung dengan menggunakan gaya visual minimalis dan pendekatan warna nurturing yang cool dan netral. Hal ini dapat membuat media tampak sederhana sehingga mudah dipahami oleh anak penyandang disabilitas intelektual. Perancangan visual environment ini bertujuan untuk membantu membangun konsep relasi sosial dalam keluarga bagi anak penyandang disabilitas intelektual. Proses pengumpulan data menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan metode perancangan design thinking yang diawali dengan pengumpulan data dan literasi sehingga objektivitas perancangan media bisa lebih maksimal. Penelitian ini menghasilkan mainan interactivity toys berupa visual environment berbentuk tiga dimensi dengan menggunakan material tahan banting dan tahan air. Selain itu, bersifat interaktif dimana murid dapat memainkan media sesuai dengan kreatifitas.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: permainan, desain, edukasi, disabilitas intelektual, keluarga
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 13:36
Last Modified: 08 Nov 2024 13:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33080

Actions (login required)

View Item View Item