Natallie, Rachel (2024) Kegiatan Customer Engagement Strategist di PT Omni Digitama Internusa Guna Mempertahankan Retensi Pelanggan. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (741kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (771kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (487kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Beberapa tahun terakhir, puncak kecepatan evolusi komunikasi terjadi dengan terciptanya teknologi-teknologi komunikasi dan informasi. Akibat hal ini, perusahaan-perusahaan industri juga ikut mengubah strategi mereka dalam menjual produk-produknya pada internet. Perusahan-perusahaan ini mulai beralih ke dalam bentuk aplikasi dan situs belanja online yang biasa disebut sebagai e-commerce. E- commerce yang umumnya diminati adalah yang menjual berbagai produk untuk kebutuhan masyarakat. Namun, ada beberapa e-commerce yang hanya berfokus kepada beberapa jenis produk dan memiliki target market sendiri. Salah satu perusahaan e-commerce tersebut adalah PT Omni Digitama Internusa atau yang dikenal sebagai ruparupa yang berfokus pada produk keperluan rumah tangga dan furnitur. Akibat persaingannya yang ketat, sebuah perusahaan e-commerce sangat bergantung kepada loyalitas dan retensi pelanggan. Oleh karena itu, peran seorang Customer Engagement Strategist cukup besar dalam mengatur seluruh komunikasi yang akan disampaikan kepada pelanggan secara online. Praktik kerja magang ini penulis lakukan dengan tujuan untuk mempelajari pengaruh aktivitas komunikasi melalui internet, meningkatkan keahlian dan kemampuan meningkakan atau mempertahankan loyalitas pelanggan, memahami sistem kerja Customer Engagement Strategist, dan menambah pengalaman serta relasi profesional. Kerja magang ini dilakukan dengan kontrak kerja 12 bulan. Selama praktiknya, penulis bertanggung jawab pada berbagai jenis pekerjaan yang dapat dikelompokan sebagai pra-produksi, produksi, dan post-produksi. Selama pengerjaannya, ditemukan sejumlah kendala seperti keterbatasan kemampuan, kesulitan beradaptasi, dan manajemen waktu. Meski begitu, telah ditemukan solusi dari kendala-kendala tersebut. Setelah melalui kerja magang ini, dapat disimpulkan bahwa adanya kecocokan antara pekerjaan magang dengan mata kuliah Direct Marketing and Customer Relationship Management. Terdapat pula saran yang diberikan penulis untuk perusahaan, universitas, dan rekan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Customer Engagement Strategist, Customer Relationship Management, PT Omni Digitama Internusa |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 15:28 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 15:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33448 |
Actions (login required)
View Item |