Saputra, Patricia (2016) Analisis strategi marketing public relations Singapore airlines dalam kampanye produk premium economy class. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Premium Economy Class merupakan sebuah inovasi terbaru dari industri maskapai penerbangan. Kelas kabin ini terletak di antara Economy Class dan Business Class. Dengan membayar sedikit lebih banyak, penumpang dapat merasakan pengalaman penerbangan yang menyerupai Business Class, tetapi dengan harga yang lebih murah. Kehadiran Premium Economy Class merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh maskapai penerbangan untuk mempertahankan posisi mereka di mata konsumen, khususnya bagi maskapai penerbangan yang sudah berada pada tahap mature. Sebuah inovasi sangat bergantung pada cara perusahaan dalam mengomunikasikan inovasi tersebut kepada masyarakat. Perubahan kondisi penyebaran informasi, munculnya fenomena information barriers serta sulitnya mengomunikasikan produk premium melalui earned publicity mendorong Singapore Airlines untuk berinovasi melakukan suatu terobosan dalam mengomunikasikan Premium Economy Classnya. Oleh karena itu, peneliti mengangkat topik tentang strategi Marketing Public Relations Singapore Airlines dalam mengomunikasikan inovasi produk terbarunya, yaitu Premium Economy Class. Judul penelitian ini adalah “Analisis Strategi Marketing Public Relations Singapore Airlines dalam Kampanye Produk Premium Economy Class”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana strategi Marketing Public Relations Singapore Airlines dalam kampanye produk Premium Economy Class. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode penelitian yang diambil adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Analisa penelitian dilakukan dengan mengacu pada Whalen‟s 7-step strategic planning process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Singapore Airlines meraih banyak coverage dalam setiap kegiatan yang dilakukan, tetapi hal tersebut dinilai belum berhasil. Hal ini dapat dilihat dari belum tercapainya outcome objectives Singapore Airlines terkait keadaan Premium Economy Class yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 387 Water, air, space transportation 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 01:37 |
Last Modified: | 09 May 2022 03:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/335 |
Actions (login required)
View Item |