Peluncuran Digital Campaign #PrabuEducreation sebagai Upaya Keberlanjutan Publisitas Sanggar Kriya Bambu Lokacipta Nawasena

Christy, Stephanie (2024) Peluncuran Digital Campaign #PrabuEducreation sebagai Upaya Keberlanjutan Publisitas Sanggar Kriya Bambu Lokacipta Nawasena. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (254kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (379kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (339kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (132kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang rawan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi dan tsunami. Salah satu wilayah yang masih rawan terhadap bencana alam adalah Kabupaten Lebak, Banten. Namun, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya resiliensi bencana masih terbilang rendah. Karya ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif kampanye digital dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang resiliensi bencana, dengan fokus pada penggunaan bahan alam seperti bambu sebagai sarana resiliensi. Studi ini menggunakan pendekatan AISAS (Awareness, Interest, Search, Action, dan Share) dan SOSTAC (Situation, Objective, Strategy, Tactic, Action, Control) sebagai kerangka konseptual dalam membangun kampanye digital. Pembuatan karya ini juga melibatkan komunitas pengrajin bambu yang ada di Desa Panggarangan, Lebak, yaitu Sanggar Kriya Bambu Lokacipta Nawasena sebagai bagian dalam mengedukasi dan memberi informasi kepada masyarakat melalui kampanye digital bahwa bambu memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Karya ini mencoba untuk mengevaluasi sejauh mana kampanye digital dapat mempengaruhi tingkat pemahaman masyarakat mengenai pentingnya peran bambu, dengan harapan hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa kampanye digital memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang resiliensi bencana, terutama melalui pemanfaatan bahan alam seperti bambu. Dengan memanfaatkan media digital seperti media sosial Instagram, informasi tentang penggunaan bambu sebagai sarana resiliensi dapat tersebar luas dan memberikan dampak positif dalam upaya mitigasi bencana di Indonesia.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Kampanye digital, resiliensi bencana, bambu, AISAS, SOSTAC
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 15:47
Last Modified: 08 Nov 2024 15:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33535

Actions (login required)

View Item View Item