Christy, Stephanie (2024) Peluncuran Digital Campaign #PrabuEducreation sebagai Upaya Keberlanjutan Publisitas Sanggar Kriya Bambu Lokacipta Nawasena. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (254kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (379kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (339kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (132kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Indonesia adalah negara yang rawan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi dan tsunami. Salah satu wilayah yang masih rawan terhadap bencana alam adalah Kabupaten Lebak, Banten. Namun, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya resiliensi bencana masih terbilang rendah. Karya ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif kampanye digital dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang resiliensi bencana, dengan fokus pada penggunaan bahan alam seperti bambu sebagai sarana resiliensi. Studi ini menggunakan pendekatan AISAS (Awareness, Interest, Search, Action, dan Share) dan SOSTAC (Situation, Objective, Strategy, Tactic, Action, Control) sebagai kerangka konseptual dalam membangun kampanye digital. Pembuatan karya ini juga melibatkan komunitas pengrajin bambu yang ada di Desa Panggarangan, Lebak, yaitu Sanggar Kriya Bambu Lokacipta Nawasena sebagai bagian dalam mengedukasi dan memberi informasi kepada masyarakat melalui kampanye digital bahwa bambu memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Karya ini mencoba untuk mengevaluasi sejauh mana kampanye digital dapat mempengaruhi tingkat pemahaman masyarakat mengenai pentingnya peran bambu, dengan harapan hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa kampanye digital memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang resiliensi bencana, terutama melalui pemanfaatan bahan alam seperti bambu. Dengan memanfaatkan media digital seperti media sosial Instagram, informasi tentang penggunaan bambu sebagai sarana resiliensi dapat tersebar luas dan memberikan dampak positif dalam upaya mitigasi bencana di Indonesia.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Kampanye digital, resiliensi bencana, bambu, AISAS, SOSTAC |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 15:47 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 15:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33535 |
Actions (login required)
View Item |